Implementasi dan Analisis Performansi RAID pada DBMS menggunakan Network-attached Storage

aditya tri putranto

Informasi Dasar

113050027
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Penggunaan network-attached storage(NAS) dapat meningkatkan salah satu kriteria dari basis data yang baik yaitu skalabilitas. Dengan menggunakan NAS, saat data bertambah banyak, penambahan storage dapat dilakukan dengan menambahkan NAS ke jaringan lokal. Selain itu untuk availability dan performansi dari suatu database dapat diterapkan teknologi RAID. Penggunaan level RAID dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari aplikasi yang menggunakan database tersebut.

Dengan skenario penyimpanan lokal, penyimpanan jaringan dan penyimpanan jaringan dengan ditambahkan RAID dilakukan pengujian pemrosesan waktu eksekusi query. Pada penerapan NAS untuk menyimpan data pada jaringan, terjadi penurunan performansi yang cukup signifikan untuk query yang menggunakan temporary tablespace. Sedangkan penggunaan RAID level 0, yang secara teori akan meningkatkan performansi, tidak berpengaruh secara signifikan pada pemrosesan data pada jaringan karena mesikpun kecepatan transfer data meningkat, dengan terbatasnya kecepatan jaringan, maka peningkatan tersebut tidak banyak berpengaruh. Untuk query yang menggunakan temporary tablespace penggunaan RAID 0 justru membuat performansi menurun, karena transfer data melalui jaringan terjadi lebih banyak. Selain jenis query, faktor lain yang mempengaruhi adalah kecepatan transfer data pada jaringan antara NAS dengan server database. Hal ini terlihat pada pengujian dengan menggunakan interface jaringan yang berbeda.

Kata Kunci : NAS, RAID, waktu pemrosesan.ABSTRACT: The use of Network-attached Storage(NAS) can improve one of the good criteria if database that is scalability. Using NAS, when data is increased, additional storage can be added by adding the NAS device to local network. In addition to availability and performance of the database, RAID can be implemented. The usaga of RAID level can be tailored to the needs of the application using that database.

With local storage scanario, network storage scenario and network storage with RAID, query processing is done. In NAS implementation to store data on the network, there was a significant decreasement in database performance, this happened in queries using temporary tablespaces. While the usage of RAID 0, which theoritically will improve performance, no significant effect on the performance of database system. This happened because eventhough the data transfer is increased, the limitation of network transfer rate the performance is not much effected. For queries using temporary tablespace using RAID 0, the performance is decreased. This because the data transfered through the network more time. In addition, the factor that affect the performance on NAS usage is the network transfer rate. This can be seen from the test using a different network interfaces.Keyword: NAS, RAID, processing time

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Implementasi dan Analisis Performansi RAID pada DBMS menggunakan Network-attached Storage
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

aditya tri putranto
Perorangan
Kiki Maulana, Kusuma Ayu Laksitowening
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini