Analisis dan Simulasi Differentiated Service QoS Pada Mobile Ad-Hoc Network

Christian Saortua

Informasi Dasar

113050024
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi wireless telah membawa beberapa perubahan dalam trend berkomunikasi. Salah satu teknologi wireless yang saat ini sedang berkembang adalah Mobile Adhoc Network (MANET). MANET memiliki karaketeristik yang mampu mengakomodasi perpindahan end device yang cepat serta tidak memerlukan infrastruktur dalam membangun komunikasinya.

Melihat karaketeristik yang dimiliki MANET, tentu performansi yang dihasilkan tidak sebaik jaringan dengan infrastruktur. Untuk itu perlu diterapkan sebuah teknik yang dapat meningkatkan kualitas layanan yang mampu dihasilkan oleh MANET. Teknik tersebut dinamakan Quality of Service (QoS). Dengan QoS paket data akan dilayani sesuai dengan tingkat kepentingan yang dimilikinnya.

Ada beberapa teknik yang sering digunakan dalam implementasi QoS, yang akan diterapkan pada topik ini adalah Differentiated Service. Teknik ini akan menandai paket yang akan melewati jaringan dengan prioritas tertentu sehingga setiap paket akan dilayani sesuai dengan dengan tingkat prioritasnya. Makin tinggi prioritasnya semakin baik layanannya.

Tugas akhir ini mengukur performansi dari MANET yang telah diimplementasikan QoS dalam melayani paket data multimedia yang berjalan di atas UDP. Dan hasilnya adalah MANET dengan implementasi QoS mampu melayani paket data dengan lebih baik.

Kata Kunci : MANET, QoS, Differentiated Service.ABSTRACT: The development of wireless technology had brings many changes in trend to communicate. One of the wireless technology that grow right now is called Mobile Adhoc Network.MANET have a characteristic that support mobility of end device and did not need infrastructure to built a network.

Seeing that character that MANET has, of course the performanse is less than an infrastucture network. For that reason, a new techinque is needed to increase the performance of MANET. Tha technique is called Quality of Service (QoS).With QoS, data packet will be serviced according to its privilage.

There is a several technique that can be used in QoS implementation. One that will use in this topic called Differetiated Service. This technique will mark the packet that will transmited in the network with a priority so every packet will served accordingly to its priority. The higher the priority, the higher its served.

This task is to measure the performance of MANET with QoS implementation to serve data packet of multimedia application in UDP transport. And the result is MANET with QoS serve better.

Keyword: MANET, QoS, Differentiated Service.

Subjek

Information Media
 

Katalog

Analisis dan Simulasi Differentiated Service QoS Pada Mobile Ad-Hoc Network
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Christian Saortua
Perorangan
Bayu Erfianto, Vera Suryani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini