IMPLEMENTASI DAN ANALISIS SOFT SHADING REMOVAL DALAM LMS CONE SPACE

LENY PURNAMASARI

Informasi Dasar

113050010
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kondisi illuminasi seringkali membaurkan atau membingungkan berbagai macam algoritma dalam computer vision. Dalam hal ini, shadow pada sebuah image dapat menyebabkan beberapa algoritma yang bertujuan untuk melakukan deteksi tepi seringkali mengalami kegagalan. Selain itu, shadow juga menggagalkan beberapa algoritma dalam computer vision seperti algoritma segmentasi, tracking maupun pengenalan objek.
Untuk megatasi hal-hal tersebut, maka diperlukan sebuah algoritma yang dapat menghilangkan shadow dari sebuah image. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan shadow adalah dengan memanfaatkan unsur intrinsic image, yaitu reflectance dan shading dengan cara mengadopsikan system pengelihatan primate yaitu dalam L, M, S (Long-wavelenght sensitivity, Medium-wavelenght sensitivity, Short-wavelenght sensitivity) cone space. Dalam Soft shading removal ini, mula-mula image akan diubah ke dalam L M S image dimana tiap pixel-nya mengandung suatu nilai ratio yang menyerupai cone pegelihatan manusia. Dari nilai L,M, S ini akan dilakukan transformasi ke dalam warna Chromatic dan luminance yang akan digunakan untuk mengidentifikasi reflectance suatu image.
Hasil akhir dari proses ini adalah sebuah reflectance image yang telah mengalami penghilangan small contour yang berarti pula menghilangkan soft shading dan shadow yang terdapat dalam image. Dari proses ini juga akan diketahui bagaimana pengaruh proses konversi RGB image ke dalam LMS image terhadap hasil akhir reflectance image. Dari hasil pengujian yang dilakukan, proses ini dapat mengurangi shadow yang bersifat self-shadow akan tetapi kurang handal dalam menangani cast shadow.
Kata Kunci : reflectance, shading, shadow, LMS cone space.ABSTRACT: Illumination conditions confound many computer visions algorithms. In particular, shadows in an image can cause the edge detection algorithm to fail. It also cause the failure of computer visions algorithms such as segmentation, tracking, or recognition algorithms.
One possible sollution to the confouding problems of shadow are to derive mage which are shadow free. One of the way to remove the shadow is using the intrinsic of an image, reflectance and Shading which are adobted primate visual system L, M, S (Long-wavelenght sensitivity, Medium-wavelenght sensitivity, Short-wavelenght sensitivity) cone space. The first step in Soft shading removal is corverting the RGB image into LMS image which are every single pixel on its image contains relative capture ratios of the three human cone types. The LMS will then transformed into chromatic and luminance image which are will be use to identify the reflectance of an image.
The final result is a reflectance image with the small contour had already eliminated and it means that there are no soft shading and shadowless image. From this process will be figured out the influence of RGB to LMS convertion mechanism in deriving the final result. Based on the test result, this process successfully reduce the self-shadow, but not robust enough to handle cast shadow.
Keyword: reflectance, shading, shadow, LMS cone space

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS SOFT SHADING REMOVAL DALAM LMS CONE SPACE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LENY PURNAMASARI
Perorangan
Tjokorda Agung Budi Wirayuda, DR. MOCH ZULIANSYAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini