IMPLEMENTASI TEKNIK COLORIZING PADA CITRA GRAYSCALE DENGAN METODE GLOBAL IMAGE MATCHING

Wina Dwi Santoso

Informasi Dasar

113048039
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Warna dalam image processing merupakan powerful descriptor yang sering digunakan untuk penyederhanaan pengenalan objek dan ekstraksi dari suatu scene. Salah satu teknik colorizing pada citra grayscale adalah dengan cara melakukan transfer warna ke citra grayscale. Transfer warna ke citra grayscale dapat digunakan untuk menampilkan informasi yang lebih jelas dan juga untuk meningkatkan keindahan citra, seperti foto tua hitam putih, film klasik atau ilustrasi ilmiah. Bahkan untuk beberapa kasus, transfer warna ini sangat berguna, misalnya untuk memberi warna pada gambar bagasi pesawat yang diperoleh dari peralatan X-ray di bandara, scanning electron microscopy (SEM), dan gambar lainnya yang tidak memiliki warna.
Tugas akhir ini akan membahas tentang implementasi teknik colorizing pada citra grayscale dengan metoda global image matching. Aplikasi yang dihasilkan akan mentransfer warna dari citra sumber, yaitu sebuah citra warna, ke citra tujuan (citra asli) yaitu sebuah citra grayscale, yang keduanya diinputkan oleh pengguna, dan menghasilkan citra hasil yang berwarna berdasarkan informasi warna dari citra sumber.
Transfer warna dari citra sumber ke citra tujuan dilakukan dengan mencocokkan luminance. Pentransferan warna ini dilakukan dengan mentransfer nilai kromatik dari citra warna dengan tetap mempertahankan nilai tingkat kecerahan (luminance) citra grayscale.
Kata Kunci : colorizing, grayscale, luminance, global image matchingABSTRACT: Color is a powerful descriptor that often simplifies object identification and extraction from a scene. General technique for “colorizing” grayscale images is by transferring color to grayscale images. Color can be added to grayscale images such as old black and white photos, classic movies or scientific illustrations. Even for some cases, it is useful for colorizing grayscale images of luggage acquaired by X-ray equipment at an airport, scanning electron microscopy (SEM) and other imaging modalities in which color information does not exist.
This final task is about implementing technique for colorizing grayscale images with global image matching method. The application itself will be transfer color between color image as a source and grayscale image as a destination, which are both of that two images act as an input and the output will be the color image where the original image is a grayscale but already has color in it.
Transferring color from color image as a source to grayscale image as a destination is done by matching the luminance information within the two images. The end of the process, the chromatic channel will be transferred from a color image and keep the luminance value of a grayscale image.
Keyword: colorizing, grayscale, luminance, global image matching

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

IMPLEMENTASI TEKNIK COLORIZING PADA CITRA GRAYSCALE DENGAN METODE GLOBAL IMAGE MATCHING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Wina Dwi Santoso
Perorangan
Fazmah Arief Yulianto, Eddy Muntina Dharma
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini