IMPLEMENTASI DEPENDENCY INJECTION PADA PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN SETTER INJECTION (IMPLEMENTATION OF DEPENDENCY INJECTION BASES ON JAVA USING SETTER INJECTION)

ROHMAYANI

Informasi Dasar

113048008
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dependency Injection merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengurangi dependency pada aplikasi berbasis objek. Pada penerapannya, implementasi dependency injection tidak akan bisa dipisahkan dengan perancangan aplikasi menggunakan design pattern. pemisahan antara tampilan (user interface) dan implementasi (business logic) menjadi salah satu prinsip dasar dalam perancangan aplikasi yang besar. Pemisahan antara bagian tampilan dengan bagian implementasi ini bertujuan untuk mengurangi saling ketergantungan antarbagian di dalam aplikasi. Modul-modul yang independen juga memungkinkan penggunaan ulang (reuse) dari modul-modul tersebut.
Dalam tugas akhir ini akan dilakukan perancangan dan implementasi dependency injection dengan menggunakan setter injection, yang digabungkan dengan penggunaan design pattern dalam perangkat lunak yang dibangun, yang nantinya akan dibandingkan dengan perangkat lunak yang hanya mengimplementasikan design pattern melalui serangkaian pengujian. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan bahasa Java ( JDK 1.5 ) dengan Framework Struts pada user interface layer, ORM iBatis pada persistance layer dan dijalankan pada web server Tomcat versi 5.5.9 dengan menggunakan basis data MySql 5.
Penulisan tugas akhir ini menggunakan metodologi studi literatur, perancangan dan implementasi perangkat lunak, analisa, serta pengambilan kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan, terbukti pembangunan aplikasi dengan menerapkan design pattern dan dependency injection akan mengurangi ketergantungan antar komponen serta menjadikan aplikasi lebih mudah untuk dikembangkan.Kata Kunci : dependency injection, setter injection, design pattern, dependency.ABSTRACT: Dependency Injection is one of method that use to decreasing dependency value on the application base on object. Implementation of dependency injection can’t be part with application design using design pattern. One of main important thing in design of large application is separating between view (user interface) and implementation (business logic). The purpose of separating between part of view and implementation is to decrease dependency between parts on the application. Independent of modules making reuseable modules become possible.
In this report I developed an application that implement dependency injection combine with design pattern and compare it with other application that only using design pattern through a set of test. This application is developed with Struts Framework in user interface layer, ORM Ibatis in persistent layer, running in Apache Tomcat (Version 5.5.14) and using MySQL (Version 5) database with Java (JDK 1.5) as it’s programming language.
The methology used in this report are : literature study, application design and implementation, analysis, and conclusion.
The research result show us that application developing using design pattern and dependency injection will reduce component dependency anda make application easier to maintain.Keyword: dependency injection, setter injection, design pattern, dependency.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

IMPLEMENTASI DEPENDENCY INJECTION PADA PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN SETTER INJECTION (IMPLEMENTATION OF DEPENDENCY INJECTION BASES ON JAVA USING SETTER INJECTION)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROHMAYANI
Perorangan
Dhinta Darmantoro, Dana Suliyo Kusumo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini