ANALISIS PERBANDINGAN EFISIENSI BANDWIDTH DAN KUALITAS SUARA PADA AUDIO CONFERENCE BERBASIS SIP (SESSION INITIATION PROTOCOL) DENGAN BERBAGAI CODEC STANDAR DAN MULTICAST

Baiq Wahyu Chairinnisa Pratiwi

Informasi Dasar

113041048
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini, kebutuhan akan komunikasi data dan suara memiliki prioritas yang sama besarnya, jika dalam pembangunan jaringan kedua komunikasi tersebut dilakukan secara terpisah pastinya akan menghasilkan biaya yang tidak sedikit. Termasuk kebutuhan untuk audio conference. Ada beberapa teknologi aplikasi audio conference yang dapat digunakan pada jaringan IP dimana merupakan jaringan data. Jenis audio conference yang dimaksud diantaranya berbasis SIP (Session Initiation Protocol) dan Multicast.
Pada tugas akhir ini, dilakukan perbandingan performansi antara teknologi audio conference berbasis SIP dengan Multicast. Performansi yang dimaksud adalah kualitas suara dan efisiensi bandwidth. Parameter yang diukur untuk kualitas suara adalah delay dan paket loss. Pengujian dilakukan berdasarkan jenis codec yang digunakan yaitu G.711 A-Law, G.711 U-Law dan GSM 06.10. Selain itu juga berdasarkan kondisi padatnya jaringan. Untuk menciptakan kondisi ini, maka diberikan beban trafik pada jaringan.
Dari hasil pengukuran dengan menggunakan codec yang sama, untuk jaringan yang tidak diberi beban trafik, kualitas suara yang dihasilkan oleh kedua aplikasi adalah sama yaitu termasuk ke dalam kategori baik. Pada saat jaringan diberi beban trafik yang semakin bertambah, penurunan kualitas suara yang dihasilkan oleh audio conference Multicast lebih kecil dibandingkan SIP. Selain itu, aplikasi audio conference Multicast lebih efisien dalam penggunaan bandwidth dibandingkan dengan SIP, dengan efisiensi berkisar antara 37-39 %.
Kata Kunci : audio conference, SIP, multicast, codec, kualitas suara, bandwidthABSTRACT: In this time, the needs of data and voice communication have an equal priority, if the network built of them done by their each self, it must be need a big cost. Including the needs for audio conference. There are several audio conference application technology that can be use at IP network, which is data network. The kind of audio conference is the one that based on SIP (Session Initiation Protocol) and multicast.
In this final task, has done a performance comparison between audio conference technology that based on SIP and multicast. The performance is about the voice quality and bandwidth efficiency. The measured parameters for voice quality are the delay and packet loss. The experiment based on the kind of the using codec, there are G.711 A-Law, G.711 U-Law and GSM 06.10. And also based on the network traffic condition. To create this condition, the network was given a traffic load.
From the experiment results with the same codec, for the network that wasn’t given a traffic load, the voice quality that produces by both application is same and including into a good level. When the network was given an increasingly traffic load, the decreasing voice quality that produce by Multicast audio conference is smaller than the SIP. Beside that, Multicast audio conference application is more efficient in the use of bandwidth compare with SIP with the efficiency about 37-39 %.
Keyword: audio conference, SIP, multicast, codec, voice quality, bandwidth.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN EFISIENSI BANDWIDTH DAN KUALITAS SUARA PADA AUDIO CONFERENCE BERBASIS SIP (SESSION INITIATION PROTOCOL) DENGAN BERBAGAI CODEC STANDAR DAN MULTICAST
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Baiq Wahyu Chairinnisa Pratiwi
Perorangan
Tri Brotoharsono, Setyorini
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini