Implementasi dan analisis Perbandingan Performansi Algoritma HC-128 dan Algoritma Sosemanuk dalam Proses Enkripsi Data

Sutrisma Rina Lebang

Informasi Dasar

113041035
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Keamanan telah menjadi aspek yang penting dalam komunikasi data. Sebuah data atau informasi umumnya hanya ditujukan bagi pihak atau golongan tertentu. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga informasi tersebut dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Salah satu cara untuk mengamankan data adalah dengan menggunakan metode kriptografi yang merupakan seni dan ilmu untuk menyembunyikan informasi dari pihak ketiga.
Dalam Tugas Akhir ini dibangun suatu sistem dengan menggunakan Borland Delphi 7 untuk menganalisis perbandingan performansi antara algoritma HC-128 dan algoritma Sosemanuk. Dalam hal ini, parameter pembanding yang digunakan adalah waktu proses enkripsi dan dekripsi, jumlah memori yang digunakan saat proses enkripsi dan dekripsi dan nilai avalanche effect.
Kata Kunci : kriptografi, kunci privat, HC-128, SosemanukABSTRACT: Security has become an important aspect in data communication. Usually, data or information only shown for specific person. Because of that, it is very important to keep that information from other hand.
In this final task, a system will be developed using the Borland Delphi 7 to analyze the difference HC-128 algorithm with Sosemanuk algorithm in performance. The comparison parameters are encryption and decryption process time, memory amount used in encryption and decryption process, and avalanche effect value.
Based on the simulation, encryption/decryption time process for HC-128 algorithm and Sosemanuk algorithm has the difference of time process because there are difference in keystream generate. The number of the memory which is used by both of these algorithm in encryption/decryption process are different too.
Keyword: cryptography, private key, HC-128, Sosemanuk

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Implementasi dan analisis Perbandingan Performansi Algoritma HC-128 dan Algoritma Sosemanuk dalam Proses Enkripsi Data
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sutrisma Rina Lebang
Perorangan
Setyorini, Maman Abdurohman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini