ANALISIS PERBANDINGAN METODE MODULAR MULTIPLICATION-BASED BLOCK CIPHER DAN RIVEST CIPHER 6 PADA PENYANDIAN DATA

Ahmad Nurdiniyati

Informasi Dasar

113040373
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Makalah ini membahas mengenai analisis perbandingan antara algoritma MMB dan RC6 sebagai sebuah seni algoritma penyandian data dengan berbasis cipher block. Meskipun kedua algoritma ini memiliki basis yang sama yaitu cipher block, namun keduanya memiliki metode yang berbeda dalam menyandikan data.
MMB merupakan metode yang merupakan pengembangan dari metode IDEA yang merupakan metode popular dalam penyandian data di zamannya, tetapi seiring perkembangan kemajuan teknologi komputer maka metode ini diperlukan pengembangannya agar senantiasa terus dapat dimanfaatkan, dan hal itu terdapat dalam metode MMB. RC6 juga merupakan metode yang dikembangkan dari metode RC5, dimana metode RC5 ini telah cukup mampu mengamankan informasi yang disandikan.
MMB dan RC6 merupakan metode yang memiliki key size 128 bit dan block size 128 bit. Keduanya memiliki fungsi untuk mengenkripsi dan mendekripsi suatu data dengan kunci publik, tetapi manakah yang lebih handal dari kedua metode itu baik dari segi kecepatan memproses berdasar spesifikasi komputer, kompleksitas waktu dan ruang, serta keamanan algoritma kedua metode tersebut. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini akan di analisis perbandingan metode MMB dan RC6.Kata Kunci : cipher block, MMB, RC6, kecepatan memproses,kompleksitas waktu dan ruang, dan keamanan algoritma.ABSTRACT: This handing out studies about comparative analysis between algorithms MMB and RC6 as a encoding algorithm art of data by being based on cipher block. Though both this algorithms has the same bases that is cipher block, but both having different method in encoding data.
MMB is method which is expansion from method IDEA which is method popular in encoding of data in its (the epoch, but along development of progress of technology computer hence this method required its (the expansion that always is exploited, and the matter there is in method MMB. RC6 also is method developed from method RC5, where this RC5 method has enough can protect information encoded.
MMB and RC6 is method having key size 128 bits and block size 128 bits. Both having function of encryption to decryption and a data with lock public, but which of which more reliable from both the methods either from the angle of speed process based on specification of computer, time complexity and space, and security and safety of second algorithm of the method. Therefore, at this end duty would in method comparative analysis MMB and RC6.Keyword: cipher block, MMB, RC6, speed of time, kompleksity and space, and algorithm security and safety.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN METODE MODULAR MULTIPLICATION-BASED BLOCK CIPHER DAN RIVEST CIPHER 6 PADA PENYANDIAN DATA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ahmad Nurdiniyati
Perorangan
Adiwijawa, Andrian Rakhmatsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini