IMPLEMENTASI PENGAMANAN BASIS DATA RELASIONAL DENGAN TEKNIK WATERMARKING

NAMIRA MUSTIKA D

Informasi Dasar

113040360
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Tugas akhir ini membahas kebutuhan basis data relasional akan teknik watermarking, yang bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik yang unik dari basis data dan menyediakan properti-properti yang diharapkan dari sebuah sistem watermarking untuk data relasional. Sebuah watermark dapat diterapkan terhadap relasi dalam basis data yang memiliki atribut-atribut sedemikian sehingga sedikit perubahan pada nilai data tidak akan mempengaruhi aplikasinya,
Teknik watermarking pada basis data relasional menjamin bahwa beberapa posisi bit dari atribut dalam sebuah tuple mengandung nilai spesifik. Tuple, atribut dalam sebuah tuple, posisi bit dalam sebuah atribut, dan nilai bit spesifik secara algoritmik ditentukan berdasarkan kontrol dari sebuah private key, yang hanya diketahui oleh pemilik data. Pola-pola bit inilah yang membentuk watermark, sehingga hanya orang yang mengetahui private key yang dapat mendeteksi watermark dengan probabilitas tinggi.
Hasil analisis terhadap teknik watermarking yang digunakan pada basis data relasional menunjukkan bahwa teknik tersebut cukup tangguh dan kuat terhadap berbagai bentuk serangan dan manipulasi terhadap data. Di samping itu algoritma watermarking yang digunakan juga memiliki performansi yang cukup tinggi sehinga dapat diaplikasikan dalam dunia nyata.
Kata Kunci : watermarking, watermark, basis data relasional, private key.ABSTRACT: This final assignment enunciate the need for watermarking database relations to identify the unique characteristics of relational data and provide desirable properties of a watermarking system for relational data. A watermark can be applied to any database relation having attributes which are such that changes in a few of their values do not affect the applications.
Watermarking technique ensures that some bit positions of some of the attributes of some tuple contain specific values. The tuple, attribute within a tuple, bit positions in an attribute, and specific bit values are all algorithmically determined under the control of a private key known only the owner of the data. This bit pattern constitutes the watermark. Only if one has access to the private key can the watermark be detected with high probability.
The analysis result shows that the proposed technique is robust against various forms of malicious attacks and updates to the data. Using an implementation running on database show that the performance of the algorithm allows for their use in a real world applications.
Keyword: watermarking, watermark, relational database, private key.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

IMPLEMENTASI PENGAMANAN BASIS DATA RELASIONAL DENGAN TEKNIK WATERMARKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

NAMIRA MUSTIKA D
Perorangan
Niken Dwi Cahyani, -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini