Analisis Performansi Kontrol Kongesti TCP dengan Pendekatan XCP pada Jaringan Wireless LAN

Karina Maryana

Informasi Dasar

113040347
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada lingkungan dengan bandwidth yang tinggi dimana pengiriman banyak data dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, masalah yang harus diwaspadai adalah ketidakefisienan dalam mencapai konvergensi dan kehilangan paket dalam jumlah yang banyak karena pengurangan bandwidth secara tiba-tiba. Dengan permintaan bandwidth yang semakin meningkat, pengiriman data harus dilakukan tanpa pembuangan paket. Banyak periset telah mencari prosedur pengaturan window yang cocok untuk pengontrolan kongesti.
Pada Tugas Akhir ini dilakukan pengamatan pada prosedur pengaturan window untuk bandwidth-delay network seperti wireless LAN masa depan menggunakan protocol TCP dan XCP.
Hasil simulasi yang dilakukan menunjukkan bahwa TCP lambat dalam merespon ketersediaan bandwidth, membentuk antrian yang panjang, membuang banyak paket, dan memiliki fairness yang terbatas. Hal ini disebabkan karena peningkatan window yang lambat yaitu 1MSS/RTT dan pengurangan window sampai setengahnya akibat kehilangan paket. Sedangkan XCP mencapai hasil yang lebih efisien dan stabil dalam lingkungan dengan bandwidth, round trip time, dan jumlah source bervariasi. Hal ini dikarenakan konsep pemisahan antara pengontrol utilisasi dengan pengontrol fairness yang diterapkan oleh XCP.Kata Kunci : kontrol kongesti, high bandwidth-delay network, wireless LAN,ABSTRACT: In high bandwidth environment, which is useful for sending large volumes of data within short period of time, foreseen problems introduced are inefficiency due to convergence time and high amount of packet losses due to dramatic reductions of the available bandwidth. As there is a growing demand for high bandwidth networks, data transfer must take place without any congestion. Many researchers have been finding a suitable window adjustment procedure for congestion control.
In this paper a study is made on window adjustment procedure for high bandwidth-delay networks, i.e. the upcoming wireless LAN, using TCP and XCP protocol.
Simulation results show that in TCP, since window size is usually increased by 1 MSS/RTT and halved upon packet losses in any network, it become slowly recover and waste the network resources, achieves unstable throughput, large queue, many drops, and limited fairness. While XCP, with new concept of decoupling utilization control from fairness control, achieves stable and efficient regardless the varying link capacity, the round trip delay, and the number of sources.Keyword: congestion control, high bandwidth-delay network, Wireless LAN,

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis Performansi Kontrol Kongesti TCP dengan Pendekatan XCP pada Jaringan Wireless LAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Karina Maryana
Perorangan
Niken Dwi Cahyani, Adiwijaya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini