sistem penjadwalan dengan konstrain menggunakan active database (studi kasus penjadwalan praktikum teknik informatika di IT Telkom)

windy lanova

Informasi Dasar

113040332
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Active Database merupakan suatu sistem basis data yang mampu menghasilkan suatu action tertentu secara otomatis jika mendeteksi suatu event yang memenuhi condition tertentu. Adanya komponen ECA rules dan fungsionalitas seperti triggers, stored procedure, jobs yang dimiliki Active Database membuat sistem basis data ini memiliki kemampuan untuk monitoring secara otomatis sehingga basis data menjadi lebih efisien. Pemisahan komponen ECA rules di dalam basis data dengan program aplikasi juga akan memudahkan pengembangan sistem.
Dalam suatu sistem penjadwalan sering terjadi adanya kondisi yang bisa menyebabkan perubahan pada basis data penjadwalan itu sendiri seperti adanya pindah jadwal atau tukar jadwal. Sistem basis data yang biasanya digunakan masih bersifat pasif dalam arti penanganan terhadap perubahan yang mungkin terjadi dan informasi yang dihasilkan oleh program aplikasi tambahan sangat tergantung pada keterlibatan pengguna sistem. Oleh karena itu pada tugas akhir ini akan diterapkan suatu sistem basis data aktif ( Active Database ) untuk melengkapi basis data sistem penjadwalan yang sudah ada sehingga mampu menangani kondisi yang menyebabkan perubahan data dan mampu menghasilkan solusi penjadwalan yang akurat dan tepat secara otomatis. Penambahan komponen ECA rules pada basis data ini mengakibatkan prosedur seperti registrasi, pindah jadwal, maupun tukar jadwal dapat dilakukan sistem secara otomatis, dan program aplikasi hanya dibutuhkan sebagai inputan awal secara manual oleh pengguna sistem. Dalam implementasinya nanti bisa dilihat kondisi-kondisi yang seperti apa dalam sistem penjadwalan yang mampu ditangani Active Database yang tidak melanggar konstrain yang sudah ditentukan.
Kata Kunci : Active Database, ECA rules, TriggersABSTRACT: Active Database is one of Database System which able to generate certain action when an event that fulfill certain condition detected. Having ECA rules and other functionality such as triggers, stored procedure, and jobs make it can automatically monitor the data that it more efficient. Fragmented part of ECA rules component and application made the system development easier.
There is condition in scheduling system that caused a change in the system itself such as a schedule change or schedule exchange. Common database used is a passive one, means that every changes that probably happen and information as results of application really depend on user involvement in the system.
This final project will use an Active Database to fulfill existing scheduling system that it can handle every condition that caused a change and conduct a right and accurate solution automatically. By adding ECA rules to database, all the business procedure such as registration, schedule change, and also schedule exchange can be done by system automatically, the application program used only for an initial input by user. Conditions that able to be handled by Active Database system with a solution that not break the constraint can be show at the implementation.
Keyword: Active Database, ECA rules, Triggers

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

sistem penjadwalan dengan konstrain menggunakan active database (studi kasus penjadwalan praktikum teknik informatika di IT Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

windy lanova
Perorangan
Dhinta Darmantoro, Kiki Maulana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini