Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Pengajuan Kredit Mobil dengan Metode AHP dan MAUT

Fajar Bagus Wicaksono Prasojo

Informasi Dasar

113040331
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perusahaan Finance, atau yang juga dikenal dengan Perusahaan Pembiayaan merupakan perusahaan yang memberikan kredit kepada seseorang yang ingin membeli sebuah mobil baru. Tentunya, sebelum Perusahaan membiayai, calon nasabah tersebut perlu analisa terlebih dahulu apakah dia memang pantas atau tidak untuk dibiayai. Pemilihan customer ini sangatlah penting mengingat resiko yang sangat besar jika customer ternyata tidak mampu untuk membayar angsuran kreditnya.
Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan merupakan suatu sistem yang digunakan sebagai alat Bantu seorang manager untuk memilih seorang calon nasabah. Metode Analitical Hierarchy Process (AHP) merupakan metode yang memecah masalah ke dalam bentuk hirarki terlebih dahulu dalam menyelesaikan masalah. Sedangkan metode Multi-attribute Utility Theory (MAUT) merupakan metode yang memperhitungkan persepsi manusia dalam mengambil keputusan.
Panggabungan kedua metode inilah yang diterapkan untuk membangun sebuah Sistem Pembantu Pengambilan Keputusan Pengajuan Kredit Mobil. Dan dari penelitian yang telah dilakukan, dari tiga kasus uji yang dilakukan, didapatkan tingkat kesesuaian antara keputusan komite kredit dengan keputusan sistem sebesar 83.65%. Hasil ini dipengaruhi karena adanya faktor yang secara intuisi manajer mempengaruhi pengambilan keputusan. Selain itu juga disebabkan karena manajer kadang mengambil keputusan dengan melakukan penilaian hanya berdasarkan sub kriteria yang berpengaruh saja. Sementara sistem menghitung nilai calon nasabah secara keseluruhan. Dan dari pengukuran tingkat kepuasan pengguna dengan Customer Satisfaction Index diperoleh hasil sebesar 74,866%.
Kata Kunci : Kata kunci: SPPK, AHP, MAUT, Perusahaan FinanceABSTRACT:
Multifinance Enterprise is a coorporate that give a loan to people who want to buy a car. Of course, before the aplication was accapted, Enterprise need to analize the customer, wheater he suitable or not to be given a loan. Enterprise needs to analize the customer in order to minimize the risk.
Decision Support System is a system that can used as a tool for a manager to choose or to analize a customer. Analitical Hierarchy Process (AHP) method is a method that use a hierachy in solving a problem. And a Multi-attribute Utility Theory (MAUT) method is a methot that calculate human perception in making dicision.
The combination has succerfully implemented in Decision Support System for application credit of car. The reult is, precentage of method test is 83,65%. This output can be resulted by, first there is a number of intuition factor from a manager that is not calculated by this DSS. Antother reason is sometime manager calculate only in the most determined criteria. And then from The customer satisfaction index, the result is 74,86%.
Keyword: Key word: AHP, MAUT, DSS, Multifinace Enterprise

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Pengajuan Kredit Mobil dengan Metode AHP dan MAUT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fajar Bagus Wicaksono Prasojo
Perorangan
Arie Ardiyanti Suryani, Dodi Wisaksono Sudiharto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini