Implementasi Algoritma RSA Dalam Enkripsi dan Dekripsi SMS Di Handphone Berbasis Java

Chiara Alamanda

Informasi Dasar

113040320
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Informasi dan komunikasi merupakan hal yang sangat penting dan sudah tidak mengenal jarak dan waktu. Komunikasi dan pengiriman informasi sering dilakukan menggunakan SMS karena kepraktisannya dan pengirimannya yang cepat. SMS yang dikirimkan dalam bentuk teks biasa bahkan digunakan untuk pengiriman pesan rahasia.
Tugas akhir ini mengimplementasikan proses enkripsi dan dekripsi pada pesan SMS yang akan dikirim dan diterima sehingga pesan rahasia yang dikirimkan melalui SMS tetap terjaga kerahasiaannya. Proses enkripsi dan dekripsi pada SMS dilakukan menggunakan algoritma RSA yang memberikan kemudahan dalam hal pendistribusian kunci.
Tugas akhir ini melakukan pengukuran dan analisis mengenai waktu pengenkripsian dan pendekripsian pesan dan ukuran cipherteks yang dihasilkan dari pengekripsian pesan. Dari hasil analisis didapat bahwa waktu pengenkripsian dan pendekripsian pesan meningkat seiring dengan peningkatan panjang pesan, namun peningkatan yang terjadi tidak teratur karena peningkatan waktu pengenkripsian dan pendekripsian pesan juga dipengaruhi oleh panjang bit kunci yang menentukan pembentukan jumlah dan ukuran blok pesan yang diproses dalam pengenkripsian dan pendekripsian pesan. Serupa dengan waktu pengenkripsian dan pendekripsian pesan, ukuran cipherteks juga mengalami peningkatan yang tidak teratur, karena ukuran cipherteks dipengaruhi oleh kombinasi antara panjang pesan dan panjang bit kunci yang menentukan jumlah dan ukuran blok pesan.Kata Kunci : SMS, enkripsi, dekripsi, algoritma RSA, waktu pengenkripsian dan pendekripsian pesan, cipherteksABSTRACT: Information and communication are important thing and not affected by distance and time now. SMS is often used for communication and information delivery because of its simplicity and fast delivery. SMS that is sent in form of plain text is often used for secret message delivery.
This final assignment implements encryption and decryption process on SMS message, so secret message that is sent by SMS will be kept as secret message. Encryption and decryption process on SMS is implemented using RSA algorithm that gives ease in key distribution.
This final assignment measured and analyzed about message encryption and decryption time and cipher text size that is created form encryption process. From the result of analysis can be concluded that encryption and decryption time is increasing while message size is increasing. The increment of encryption and decryption time is irregular because it is also influenced by key bit length that determines the size and the number of message block that is processed in message encryption and decryption. The size of cipher text is also increasing irregularly, because cipher text size is influenced by combination of message size and key bit length that determines the size and the number of message block.Keyword: SMS, encryption, decryption, RSA algorithm, encryption and decryption time, cipher text.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Implementasi Algoritma RSA Dalam Enkripsi dan Dekripsi SMS Di Handphone Berbasis Java
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Chiara Alamanda
Perorangan
Niken Dwi Cahyani, Maman Abdurohman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini