Analisis dan Implementasi Algoritma Unordered Rule Sets Ant-Miner Untuk Klasifikasi Pelanggan Potensial Perusahaan Perbankan

Ihsanuddin Azhar Lubis

Informasi Dasar

113040293
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Data mining merupakan sebuah proses untuk mengeksplorasi dan menganalisis data dalam jumlah yang besar dan bertujuan untuk menemukan pola dan keteraturan dari data tersebut yang berguna dalam proses pengambilan keputusan dimasa depan. Data mining sangat cocok untuk memberikan solusi dalam permasalahan data yang besar dalam dunia perbankan. Pada tugas akhir ini dianalisis data-data pelanggan suatu perusahaan perbankan dalam jumlah yang besar dengan menggunakan metode Ant Colony Optimization untuk menemukan pola keteraturan dari data yang akan digunakan sebagai acuan bagi pihak perusahaan untuk mengembangkan perusahaan kedepannya. Pada tugas akhir ini juga diimplementasikan bagaimana pengklasifikasian pelanggan yang potensial dari data mentah dengan menggunakan Algoritma Unordered Rule Sets Ant-Miner yang berguna untuk mengefektifkan pengklasifikasian kaidah-kaidah atau aturan dalam data tersebut. Tujuan kaidah-kaidah ini adalah untuk membangun kasus kedalam satu kelas di luar kelas yang telah didefinisikan sebelumnya berdasarkan dari beberapa atribut prediksi dari kasus tersebut.
Algoritma Unordered Rule Sets Ant-Miner merupakan algoritma versi terbaru dari algoritma Ant-Miner yang juga mampu membangkitkan kaidah-kaidah atau aturan dari suatu database (data training) dengan akurasi yang sangat baik pada pengujian terbaiknya.

Kata Kunci : data mining, aturan klasifikasi, ant colony optimization (ACO), unordered rule sets ant-miner, pheromone, mincaseperrule.ABSTRACT: Data mining is a process to explore and analyze data in large quantities and aims to discover patterns and regularities of the data that are useful in decision-making process in the future. Data mining is very suited to provide solutions in large data problems in the banking sector. In this final task analyzed the data of a banking enterprise customers in large numbers using Ant Colony Optimization methods for finding patterns of order that data will be used as a reference for the company to develop the company's future. In this final task is to implement how the classification of potential customers from the raw data using an unordered algorithm Rule Sets Ant-Miner is useful to streamline the classification rules or regulations in the data. The purpose of these rules is to build the case into a class outside the classroom that have been previously defined on the basis of several attributes predictions of the case.
Unordered Rule Sets Ant-Miner algorithm is the latest version of the Ant-Miner algorithm is also capable of generating the rules or the rules of a database (training data) with very good accuracy on the best test.
Keyword: data mining, classification rule, ant colony optimization (ACO), unordered rule sets ant-miner, pheromone, min
caseperrule.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Algoritma Unordered Rule Sets Ant-Miner Untuk Klasifikasi Pelanggan Potensial Perusahaan Perbankan
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ihsanuddin Azhar Lubis
Perorangan
Moch. Arif Bijaksana, Rimba Widhiana Ciptasari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini