ANALISIS DAN IMPLEMENTASI STRATEGY PATTERN

KHOTIMATUR ROHMAH

Informasi Dasar

113040270
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sebuah perangkat lunak yang dibangun berbasis objek, akan merepresentasikan dunia nyata ke dalam sebuah sistem dengan menitikberatkan pada objek-objek apa saja yang terlibat pada suatu sistem aplikasi yang akan dibangun. Design pattern merupakan salah satu metode pemrograman object oriented yang diterapkan pada awal kita mendesain sebuah sistem. Tujuan menerapkan design pattern pada sistem yang akan dibangun adalah untuk mendapatkan sistem perangkat lunak yang handal, yang dapat dilihat dari segi fungsionalitas, perawatan, dan pengembangan selanjutnya.
Strategy pattern merupakan salah satu dari design pattern. Strategy pattern muncul karena adanya method yang tidak bisa diturunkan langsung dari kelas induk ke kelas turunannya sehingga perlu dibuat interface. Interface dibuat untuk mendeklarasikan method pada kelas induk agar dapat diimplementasikan pada kelas turunannya.
Pada tugas akhir ini, dibuat sebuah perangkat lunak dengan mengimplementasikan strategy pattern. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah perangkat lunak yang dibangun, maka dibutuhkan sebuah alat ukur yang sering disebut sebagai object oriented metrics atau OO metrics.
Hasil yang diperoleh dengan mengimplementasikan strategy pattern adalah dapat meningkatkan tingkat fleksibility dan reusability. Selain itu, juga memenuhi karakteristik dari well formed design class.
Kata Kunci : pemrograman object oriented, design pattern, strategy pattern, object-orientedABSTRACT: The object oriented software will represent real world into a system by focusing on objects that involves in the application building. Design pattern is one of the object oriented programming method that applied at the first time we design a system. The applied design pattern on system produce a reliable software as can be seen in fungsionality, maintenance, and development process.
Strategy pattern is one of the design pattern. Strategy pattern appears because there are some methods in parent s class can t be inherited in child s class, so it needs interface. Interface is made to declare methods in parent s class so they can be implementated in child s class.
In this final project, a software is built by implementing the strategy pattern. To know the strength and weakness of the software, it needs a parameter. The parameter is called object oriented metrics or OO metrics.
The strategy pattern implementation result shows that not only the software can increase of flexibility and reusability but also complete the characteristics of well formed design class.
Keyword: object oriented programming, design pattern, strategy pattern, object-oriented

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI STRATEGY PATTERN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHOTIMATUR ROHMAH
Perorangan
KAL, UFI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini