IMPELEMENTASI METODE INTERAKSI BERBASIS KAMERA PADA HANDPHONE BERPLATFORM SYMBIAN UNTUK BERAGAM APLIKASI

FAHMI FEBRIANSYAH EFENDI

Informasi Dasar

113040265
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan metode interaksi pada handphones terus berkembang. Penerapan teknologi berupa tombol, layar sentuh ataupun accelerometer sudah lazim kita temui pada handphone belakangan ini. Kelemahan dari teknologi layar sentuh ataupun accelerometer adalah pada mahalnya perangkat keras tambahan yang harus ditambahkan pada handphone tersebut.

Dengan latar belakang tersebut, maka pada Tugas Akhir ini, penulis melakukan implementasi dan analisa metode interaksi dengan menggunakan kamera yang terletak pada handphone. Dengan memanfaatkan kamera handphone sebagai inputan, penulis mencoba untuk membuat sebuah middleware yang berfungsi untuk mengolah gambar, melakukan motion detection lalu mengirimkan key yang telah dihasilkan kepada aplikasi yang berada di foreground. Algoritma yang dipakai adalah Efficient Motion Sensing akan tetapi sedikit dirubah untuk menambah performansinya.

Dari hasil pengujian dan analisa yang telah dilakukan dengan menggunakan handphone bertipe Nokia E61i, didapatkan waktu proses algoritma yang telah mengalami perbaikan meningkat dari 687.1ms menjadi 104.2ms dari yang awalnya hanya 1 frame per second menjadi 10 frame per second.Kata Kunci : handphone, metode interaksi, motion detection, perbaikan algoritma, algoritma Efficient MotionABSTRACT: The development of interaction method on handphones are growing rapidly. The application of interaction technology is in the form button, touch screen or accelerometer are commonly be found in the mobile phones lately. The weakness of touch screen technology or accelerometer technology is on the expensive additional hardware that should be added to the mobile phones.
With that background, this Final Project, the author try to impelement and analys methods of interaction using camera onboard. By using the mobile phones camera as an input, the author tries to create a middleware that works for image processing, motion detection and send key that has been generated to the application that work in foreground. This middleware using Efficient Motion Sensing Algorithm but slightly altered to increase system performance.

After implementation, test and analysis using Nokia E61i for test speciment. Writer can conclude that the enhancement algorithm can run more faster, from 687.1ms to 104.2ms, which initially only 1 frame per second to 10 frame per second.Keyword: handphone, interaction method, motion detection, algorithm enhancement, Efficient Motion

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

IMPELEMENTASI METODE INTERAKSI BERBASIS KAMERA PADA HANDPHONE BERPLATFORM SYMBIAN UNTUK BERAGAM APLIKASI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAHMI FEBRIANSYAH EFENDI
Perorangan
Fazmah Arief Yulianto, Tjokorda Agung Budi Wirayuda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini