Implementasi Naive Bayes Pada Pengenalan Pergerakan Tetikus (mouse Gesture)

Fanny Partogi Salomon N.

Informasi Dasar

113040234
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Manusia berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan kombinasi bicara dan gerakan. Gerakan yang dimaksud adalah yang dilakukan dengan tangan, kepala atau dengan anggota tubuh lainnya. Intinya sebuah gerakan dilakukan seseorang untuk berkomunikasi. Secara umum manusia melakukan komunikasi/interaksi dengan komputer adalah melalui keyboard dan mouse.
Interaksi manusia komputer juga dapat dilakukan secara mouse gesture atau disebut juga pergerakan tetikus. Secara sederhana konsepnya adalah pengguna PC melakukan pergerakan pada mouse pada bidang kerja yang telah ditetapkan. Kemudian sistem akan memeriksa bentuk pergerakan tersebut dan akan melakukan eksekusi suatu aksi jika pergerakan tersebut dikenali oleh sistem.
Komputasi yang dilakukan untuk mengenali bentuk pergerakan tersebut didasarkan pada metode Naive Bayes. Dimana inputan yang diberikan oleh pengguna akan dianggap menjadi suatu matriks dan akan dibandingkan dengan data yang ada dalam sistem. Bentuk yang memiliki nilai akhir tertinggi akan dianggap sebagai hasil pengenalan sistem. Adapun tingkat keakuratan yang didapat dari penggunaan metode Naive Bayes adalah sekitar 90%.Kata Kunci : mouse gesture, naïve bayes, interaksi manusia komputerABSTRACT: Humans communicate one way to another using combination of speech and movement. The movement is usually made with hand, head or another part of human body. The point is a movement is made by humans to communicate. Usually humans communicate/interact with computer are by keyboard and mouse.
Human computer interaction can be done by mouse gesture too. The concept is as simple as this, a computer user does some movement with mouse on the space that is fixed. Then the system will check the model of that movement and will do an action if the movement is recognized by the system.
Computation is needed to recognize the movement model is based on Naive Bayes rule. The input from user will be turned into a matrics and will be compared with the data in the system. The model that have the highest score will be predicted as the result of recognizing system. The accuracy of using this Naïve Bayes is around 90%.Keyword: mouse gesture, naïve bayes, human computer interaction

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Implementasi Naive Bayes Pada Pengenalan Pergerakan Tetikus (mouse Gesture)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fanny Partogi Salomon N.
Perorangan
Retno Novi Dayawati, Tjokorda Agung Budi Wirayuda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini