ANALISIS PERBANDINGAN MAINTAINABILITY PADA RUBY ON RAILS DAN PHP

Monica A. M. A. S.

Informasi Dasar

113040160
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Semakin banyaknya penggunaan suatu perangkat lunak berbasis web, mendorong kelompok-kelompok pengembang untuk menciptakan scripting yang lebih mudah untuk mereka gunakan, dan lebih mudah dimengerti bahasanya. Oleh karena itu terciptanyalah Ruby on Rails sebagai salah satu scripting baru berbasis web. Namun apakah benar Ruby on Rails lebih baik daripada pemrograman web yang telah ada sebelum-sebelumnya, seperti PHP. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah penelitian dan pengukuran terhasap Ruby on Rails dan PHP, dan hal yang akan diuji dan dianalisis adalah mengenai maintainability dari kedua scripting tersebut.
Tugas akhir ini mengimplementasikan Aplikasi Bengkel dalam dua scripting web yaitu Ruby on Rails dan PHP. Pada kedua scripting tersebut diimplementasikan aplikasi yang dibuat dengan menggunakan Object Oriented Programming. Namun pada pemrograman berbasis object oriented masih ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan bagaimana sebuah desain dari perangkat lunak yang berbasis object oriented tersebut dapat bersifat maintainable dan fleksibel. Hal ini dikarenakan, kondisi pada dunia nyata selalu mengalami perubahan sehingga desain dari perangkat lunak tersebut mampu menangani setiap perubahan dan permasalahan yang muncul. Oleh karena itu tugas akhir ini menguji maintainability dari kedua scripting dari desain yang terstruktur dari aplikasi yang ada.
Pengujian dan Pengukuran terhadap kedua scripting yaitu PHP dan Ruby on Rails melalui suatu aplikasi yaitu aplikasi bengkel, menghasilkan nilai maintainability yang lebih baik pada PHP dibanding Ruby on Rails.
Kata Kunci : Kata kunci: ruby on rails, PHP, maintainability, pemrograman berbasis objectABSTRACT: The incremental of using software for web application, makes many developers created a new programming script that more ease to use, and more understandability. Because of that Ruby on Rails was created. An experiment is needed to prove that Ruby on Rails is better then PHP. The matter that will be tested and analyzed in this last project is the maintainability form two web scripting, PHP and Ruby on Rails.
Bengkel application is created, in this last project, in two different web scripting, Ruby on Rails and PHP. In this two different scripting be implemented two application using Object Oriented Programming. But many problems about how to make a design for object oriented software maintainable and flexible still be found. It is happen because in the real world many things change , so the software design must be change too. Because of that this last project tested maintainability from the two different web scripting, PHP and Ruby on Rails.
Testing and measuring with bengkel application of two different scripting, PHP and Ruby on Rails, yielding better value of maintainability at PHP compared to Ruby on Rails.
Keyword: Keywords: Ruby on Rails, PHP, maintainability, object oriented programming.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN MAINTAINABILITY PADA RUBY ON RAILS DAN PHP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Monica A. M. A. S.
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Dana Suliyo Kusumo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini