Analisis dan Implementasi Replikasi Data Pada Basis Data Terdistribusi

Ahira Suryana

Informasi Dasar

113040155
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dengan semakin berkembangnya dunia informasi, kebutuhan akan pertukaran data dalam suatu hirarki organisasi yang sama tetapi berbeda secara geografis, maupun dengan hirarki organisasi yang berbeda akan semakin meningkat. Salah satu cara yang dipakai dalam pertukaran data tersebut adalah dengan menggunakan replikasi data pada basis data terdistribusi. Kecepatan proses serta banyaknya row yang dapat direplikasi dalam satuan waktu merupakan beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan ketika hendak menentukan cara dalam mereplikasi data pada basis data terdistribusi.
Ada beberapa cara yang dapat digunakan ketika hendak melakukan proses replikasi pada basis data terdistribusi, yaitu dengan cara langsung melakukan replikasi ketika ada perubahan data pada basis data master ke basis data lokal, kemudian dengan cara menumpuk data terlebih dahulu pada basis data master kemudian baru direplikasi kebasis data lokal, maupun dengan cara periodik berdasarkan renggang waktu tertentu baru proses replikasi dapat dilakukan.
Dengan melakukan beberapa pengujian terhadap cara-cara replikasi di atas dapat disimpulkan bahwa proses replikasi dengan cara menumpuk data terlebih dahulu dan dilakukan secara periodik memiliki kecepatan proses yang paling baik serta jumlah row yang berhasil direplikasi dalam satuan waktu paling banyak diantara cara-cara replikasi yang lain.Kata Kunci : replikasi dan basis data terdistribusiABSTRACT: The development of information system causes the needs of data exchange in the same organizaton hierarchy which has geograpical differences as well as in the different organization hierarchy will be increasing. One of the solution on the data exchange is using data relication on distributed database. The process velocity and the amount of data row which can be replicate in time unit are become consideration when define the ways data replication on the distributed datacase.
There are several ways that we can use when we want to do some replication on disributed database. Those ways are directly replicate when some data changing occured from master database to local database, collecting data first then replicate from master database to local database, and periodically replicate based on the defined time.
By testing those several way to replicate above, we can conclude that by collecting data first and periodically replicate are the fasten process and the most amount of row that sucessfully replicated in time unit.Keyword: replication and distributed database

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Replikasi Data Pada Basis Data Terdistribusi
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ahira Suryana
Perorangan
Kusuma Ayu Laksitowening, Dhinta Darmantoro
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini