Analisa Penggunaan Penjadwalan Kunci Algoritma Noekeon pada Penyandian Data

Panji Copri Sasongko

Informasi Dasar

113040146
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik–teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti keabsahan, integrasi data, serta autentikasi data. Kriptografi dapat pula diartikan sebagai ilmu atau seni untuk menjaga keamanan pesan. Ketika suatu pesan dikirim dari suatu tempat ke tempat lain, isi pesan tersebut mungkin dapat disadap oleh pihak lain yang tidak berhak untuk mengetahui isi pesan tersebut. Untuk menjaga pesan tersebut, maka pesan tersebut dapat diubah menjadi suatu kode yang tidak dapat dimengerti oleh pihak lain.

Algoritma Noekeon merupakan algoritma yang menggunakan skema block-cipher. Noekeon menggunakan pemakaian kunci yang sama pada setiap roundnya. Pada tugas akhir ini akan dibahas proses penggunaan penjadwalan kunci sehingga terjadi pemakaian kunci yang berbeda pada setiap roundnya.

Dari percobaan yang dilakukan menghasilkan bahwa modifikasi algortima yang dilakukan tidak lebih baik dari algoritma Noekeon itu sendiri. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan kecepatan waktu, nilai avalanche effect, dan probabilitas karakteristik differential attack menunjukan hasil modifikasi algoritma Noekeon dibawah nilai metode algoritma Noekeon itu sendiri.Kata Kunci : Kriptografi, Algoritma Noekeon, Block-cipher.ABSTRACT: Cryptography is the practice that studies mathematics techniques related to information security aspects i.e. data validation, data integration and data authentication. It also can be defined as the art of protecting information. When a message transferred from a source to another, contain of the message could be seen by other people whom improper to see it. To secure it, the message could be transformed into codes which cannot be translated by any other person.

Noekeon algorithm is the algorithm that uses block-cipher scheme which same keys for each round. In this final project, the scheduling key process is used so that different kind of keys happen in each round is shown.

From the experiments conducted suggest that the modification algorithms performed no better than Noekeon algorithm itself. This is evidenced from the calculation speed of time, the avalanche effect, and the probability of characteristics differential attack shows the modified Noekeon algorithm undervalues the Noekeon algorithm method itself.Keyword: Cryptography, Noekeon Algorithm, Block-cipher.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisa Penggunaan Penjadwalan Kunci Algoritma Noekeon pada Penyandian Data
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Panji Copri Sasongko
Perorangan
Ari Moesriami Barmawi, Fazmah Arif Yulianto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini