Klasterisasi Teks Dokumen pada Web Berita Berbahasa Indonesia Menggunakan Self Organizing Maps

Eka Oktavia Setiyawan

Informasi Dasar

113040134
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Menemukan informasi dari dokumen yang sangat banyak dan bertambah setiap harinya adalah tugas yang sulit dan memakan waktu. Untuk mendapatkan dokumen yang diinginkan diantara sekian banyak dokumen yang ada dilakukan dengan cara membaca setiap dokumen satu per satu. Hal ini dapat diatasi dengan pemetaan dokumen dalam cluster yang berbeda (clustering) bedasarkan informasi yang berada didalamnya.
Clustering dilakukan untuk mengelompokkan data ke dalam satu klaster dimana objek pada klaster yang sama memiliki kemiripan yang sangat besar. Namun terdapat permasalah dalam proses klasterisasi yaitu adanya data berdimensi tinggi. Untuk itu diperlukan algoritma yang mampu menangani hal ini. Self Organizing Maps (SOM) adalah algoritma yang tepat untuk klasterisasi data dengan jumlah dimensi yang tinggi. SOM merupakan algoritma jaringan saraf tiruan (JST) yang bekerja dengan cara memperbaharui nilai bobot beratnya sehingga cocok dengan nilai vektor input. Dengan cara kerja ini, jaringan yang berisi neuron-neuron akan menyusun dirinya sendiri berdasarkan input nilai tertentu dalam suatu cluster.
Fokus dari tugas akhir ini adalah implementasi algoritma SOM pada klasterisasi dokumen berita berbahasa Indonesia. Pengujian dilakukan dengan menganalisis pengaruh jumlah dimensi dan parameter input seperti jumlah epoh dan learning rate terhadap performansi dan akurasi sistem. Di akhir pengujian dapat di dibuktikna bahwa SOM mampu menangani data berdimensi tinggi dengan baik. Perhitungan performansi hasil klasterisasi dilakukan berdasarkan precision dan entropy.
Kata Kunci : Clustering, Unsupervised learning, Self Organizing Maps.ABSTRACT: Finding information from so many documents that will be more and more every day is a difficult task and waste time. To find a needed document from other unnecessary document is done by reading those documents one by one. This can be overcome by doing document mapping in different cluster based on the information inside.
same cluster have high similarity. But there is a problem in clustering process when the data have a high dimension. Therefore, it is needed an algorithm that can overcome this problem. Self Organizing Maps (SOM) is a right algorithm to make a data group with high dimension. SOM is neural network algorithm that work by update the value, so it suits by vector input value. By this way, network that fill with neurons will arrange itself based on some input value in a cluster.
algorithm on clustering of news with Indonesian Language. The testing is done by analizing the effect of dimension and input parameters like epoch and learning rate toward the performances and accuration system. At the and of testing, can be proved that SOM can overcome high dimension data well. The counting of clustering result performance is done based on precision and entropy.Keyword: Clustering, Unsupervised learning, Self Organizing Maps.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Klasterisasi Teks Dokumen pada Web Berita Berbahasa Indonesia Menggunakan Self Organizing Maps
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Eka Oktavia Setiyawan
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Agung Toto Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini