Optimasi Tata Letak Barang pada Ruang Tiga Dimensi dengan Menggunakan Algoritma Genetika

Ari Kurniawan

Informasi Dasar

113040116
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Untuk mendapatkan penyusunan kotak yang optimal dalam sebuah ruangan adalah hal yang cukup rumit. Terdapat berbagai aspek yang saling berkaitan dan harus dilibatkan dalam penyusunan ini yang antara lain adalah besarnya dimensi ruangan yang digunakan sebagai batasan dari penyusunan kotak-kotak, distribusi penyusunan kotak yang diharapkan adalah yang memenuhi semua titik koordinat dalam ruangan, kemudian penyusunan kotak ini akan semakin rumit jika melibatkan titik berat dari masing-masing massa kotak. Permasalahan penyusunan kotak ini, dapat dilihat dari sisi kotak, yaitu kemungkinan-kemungkinan dari urutan kotak terhadap ruangan. Dari aspek-aspek diatas, dalam penyusunan tata letak kotak ini terdapat banyak kemungkinan yang selayaknya dicoba untuk menemukan penyusunan yang terbaik. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan algoritma genetika
Algoritma genetika merupakan algoritma yang menggunakan pendekatan heuristik dalam menyelesaikan masalah kombinatorial yang kompleks. Dengan menggunakan algoritma genetika beserta operatornya seperti reproduksi, pindah silang serta mutasi diperoleh kondisi dimana terjadinya kombinasi terbaik untuk urutan letak barang terhadap ruangan dengan terpenuhinya jumlah titik koordinat ruangan yang terbesarKata Kunci : optimasi, penyusunan kotak, kombinatorial, algoritma genetika.ABSTRACT: To obtain the arrangement of the box in three dimensional space is quite complicated. There are many interrelated aspects and should be included in this compilation that include a large dimension space is used as a limitation of the preparation of the boxes, distribution boxes formulation is expected to meet all the coordinates in the room, and the preparation of this box will be more complicated if it involves the center of gravity of each mass of the box. The problem formulation of this box, can be seen from the side of the box, namely the possibility of a sequence of boxes of the room. From the above aspects, in the preparation of the layout of this box there are many possibilities that should try to find the best arrangement. One method that can be used to solve these problems is by using a genetic algorithms.
Genetic algorithm is an algorithm that uses heuristic approach in solving complex combinatorial problems. By using a genetic algorithm and its operators such as reproduction, crossover and mutation acquired condition in which the best combination for the sequence where the goods to the room with the fulfillment of the coordinate points of the largest room.Keyword: optimization, box arrangement, combinatorial, genetic algorithm.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Optimasi Tata Letak Barang pada Ruang Tiga Dimensi dengan Menggunakan Algoritma Genetika
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ari Kurniawan
Perorangan
Retno Novi Dayawati, Agung Toto Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini