Implementasi Digital Signature Menggunakan Algoritma RSA dan Fungsi Hash MD5 Untuk Aplikasi SMS di Handphone Berbasis Java

Lutfi Seto Wirawan

Informasi Dasar

113040112
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Tugas akhir ini melakukan mekanisme untuk meyakinkan penerima SMS bahwa pengirim SMS merupakan pengirim yang sebenarnya, yaitu dengan mengimplementasikan digital signature dalam pengiriman dan penerimaan SMS menggunakan algoritma RSA dan fungsi hash MD5. Digital signature mencakup aspek keamanan nirpenyangkalan yang mengakibatkan pengirim SMS tidak dapat menyangkal telah mengirim SMS, otentikasi yang meyakinkan penerima SMS tentang identitas pengirim SMS, dan integritas data yang menyatakan bahwa isi pesan asli dari pengirim SMS dan tidak dimanipulasi.
Dalam tugas akhir ini telah dibuat suatu aplikasi untuk membuat digital signature dengan algoritma RSA dan fungsi hash MD5 untuk keperluan pengiriman SMS. Teknologi yang dilakukan dalam pembuatan aplikasi adalah J2ME. Tujuan dari penggunaan digital signature pada aplikasi SMS adalah untuk meyakinkan otentikasi pengirim pesan, menjaga integritas pesan, dan juga mencegah penyangkalan dari pengirim pesan.
Dalam tugas akhir ini telah dilakukan pengujian pembuatan dan verifikasi digital signature. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa semakin besar peningkatan panjang bit kunci, maka waktu pembuatan dan verifikasi digital signature juga meningkat secara eksponensial. Peningkatan panjang bit kunci juga menyebabkan peningkatan ukuran tanda tangan yang dihasilkan.Kata Kunci : SMS, digital signature, algoritma RSA, fungsi hash MD5, waktu pembuatan dan verifikasi, ukuran tanda tangan.ABSTRACT: This final assignment does mechanism for convincing that SMS receiver receive SMS from the real SMS sender by implementing digital signature in sending and receiving SMS using RSA algorithm and MD5 hash function. Digital signature comprises security aspect such as non-repudiation that makes SMS sender can’t deny that he has sent SMS, authentication that convinces SMS receiver about SMS sender identity, and data integrity that declare about message originality.
This final assignment made an application for generating digital signature using RSA algorithm and MD5 hash function in SMS sending. Technology that is used for developing application is J2ME. The goals of digital signature usage on SMS application is to convince sender authentication, keep data integrity, and prevent denial from sender.
This final assignment does testing about generating and verificating digital signature. The result of testing is that the increment of key bit length causes exponentially increment of digital signature generation and verification time. The increment of key bit length also causes the increment of size of signature generated.Keyword: SMS, digital signature, RSA algorithm, MD5 hash function, digital signature generation and verificaton time, size of signature.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Implementasi Digital Signature Menggunakan Algoritma RSA dan Fungsi Hash MD5 Untuk Aplikasi SMS di Handphone Berbasis Java
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Lutfi Seto Wirawan
Perorangan
Niken Dwi Cahyani, Maman Abdurohman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini