Penerapan Algoritma Rank Based Ant System (ASrank) pada Optimasi Penjadwalan Sumber Daya Proyek

Aruna Anggayasti Priyanto

Informasi Dasar

113040076
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada bidang bisnis dan industri, manajemen proyek merupakan suatu kegiatan untuk mengatur waktu, material, personil dan biaya untuk menyelesaikan suatu proyek tertentu. Satu tahap yang penting pada proses perencanaan proyek adalah penjadwalan sumber daya proyek. Proses ini mengidentifikasi jumlah dan jenis sumber daya yang dijadwalkan. Merencanakan penggunaan sumber daya agar menjadi efisien adalah tugas yang kompleks. Tujuan dari proses ini adalah mendistribusikan penggunaan sumber daya agar merata atau dengan kata lain meminimalkan fluktuasinya. Metode untuk menghasilkan solusi dari permasalah itu disebut dengan Resource Leveling.
Sampai saat ini, para peneliti telah menggunakan beberapa pendekatan untuk menghasilkan solusi yang optimal dari permasalahan tersebut. Pada Tugas Akhir ini, dibahas penerapan algoritma Ant Colony Optimization (ACO), khususnya Rank Based Ant System (ASrank), pada optimasi penjadwalan sumber daya proyek. Keefektifan algoritma ini didemonstrasikan dengan beberapa studi kasus. Dari test yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat memberikan solusi yang bagus dengan fluktuasi yang minimal.Kata Kunci : penjadwalan sumber daya proyek, fluktuasi, Resource Leveling,ABSTRACT: Project management in the business and industry fields is defined as managing and directing time, material, personnel, and costs to complete a particular project. One important phase in the project planning is project resource scheduling. This process identifies resources amount and type according to the activity that scheduled. Planning the efficient use of resources is a complex task. The purpose is to create a smoother distribution of resource usage i.e. to minimize the fluctuation of the resource usage. The resource leveling is used to produce a solution to the problem.
So far, researchers test several heuristic in order to produce the optimal solutions of the problem. In this final assignment, we discuss an implementation of the Ant Colony Optimization (ACO), especially Rank Based Ant System (ASrank), on the optimization of project resource scheduling. The effectiveness of this heuristic is demonstrated with case studies. Preliminary test shows that this approach can give a good solution with minimal fluctuation.Keyword: project resource scheduling, fluctuation, resource leveling, ACO,

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Penerapan Algoritma Rank Based Ant System (ASrank) pada Optimasi Penjadwalan Sumber Daya Proyek
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aruna Anggayasti Priyanto
Perorangan
Warih Maharani, Adiwijaya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini