IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERBANDINGAN METODE ECHO HIDING DAN METODE LOW BIT ENCODING PADA APLIKASI STEGANOGRAFI AUDIO MIDI

Panji Winata

Informasi Dasar

113040074
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Steganografi adalah seni dan ilmu dalam menyembunyikan data ke media, dengan harapan keberadaan data tidak disadari oleh orang lain. Audio dibagi menjadi 2 jenis, yaitu audio yang disusun oleh frekuensi(seperti mp3, wav) yang telah banyak penelitian steganografinya dilakukan, dan yang disusun oleh nada(seperti midi) yang belum ada penelitian steganografinya di ITTelkom. Steganografi pada kedua jenis audio ini berbeda dalam pengimplementasiannya. Oleh karena itu dipilihlah penelitian steganografi pada audio midi. Metode yang digunakan adalah echo hiding dan low bit encoding.
Penyisipan dengan metode echo hiding dilakukan dengan merepresentasikan data yang disisipkan menjadi echo. Sedangkan penyisipan dengan metode low bit encoding yang dilakukan adalah dengan mengacak data yang akan disisipkan menggunakan algoritma linear congruential generator dan kemudian data tersebut disisipkan pada midi dengan cara memodifikasi least significant bit dari note velocity midi. Analisis dilakukan menggunakan 5 parameter, yaitu fidelity, recovery, robustness, ukuran file midi sebelum dan sesudah disisipi data, dan ukuran maksimal data yang dapat disisipkan.
Berdasarkan pengujian parameter fidelity, recovery, robustness, perubahan ukuran file midi sebelum dan sesudah disisipi data didapatkan bahwa metode low bit encoding lebih baik dibandingkan metode echo hiding. Metode echo hiding dan metode low bit encoding memiliki ukuran data maksimal yang sama yang dapat disisipkan pada midi.
Kata Kunci : steganografi, midi, echo hiding, low bit encoding, linear congruentialABSTRACT: Steganography is art and science in hiding data into a digital media, with hope the existence of the data in the media is not detected by the other people. Audio consists of 2 kinds, they are audio that contains frequencies(such as mp3, wav) which there are a lot of steganography researchs were done on the audio, and audio midi that contains note songs(such as midi) which there is no steganography research was done on the audio at IT Telkom. Steganography on the 2 kinds of the audio is different on implementation. Therefore i choose steganography research on audio midi. I used echo hiding method and low bit encoding method for this research.
Steganography using echo hiding method embeds data by representing the data to echoes. Meanwhile, low bit encoding method that implemented in this final project embeds data by randomizing the data bits using linear congruential generator algorithm and then the randomized data bits are embedded in midi file by modifying least significant bit of note velocity(volume) of midi file. Analysisses of this research use 5 parameters, they are fidelity, recovery, robustness, the size of original midi and stego midi, and maximum size of data that can be embedded.
The experiments and analysisses show that low bit encoding method is better than echo hiding method (based on fidelity, recovery, and robustness, and the size of original midi and stego midi). Maximum size of data that can be embedded of echo hiding method is same as maximum size of data that can be embedded parameter of low bit encoding method.
Keyword: steganography, midi, echo hiding, low bit encoding, linear congruential

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERBANDINGAN METODE ECHO HIDING DAN METODE LOW BIT ENCODING PADA APLIKASI STEGANOGRAFI AUDIO MIDI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Panji Winata
Perorangan
Endro Ariyanto, Fazmah Arif Yulianto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini