Analisis dan Implementasi Perbandingan Framework Yii dan Zend

Agung Rahmat Saleh

Informasi Dasar

113040067
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini kebutuhan akan informasi berkembang begitu cepat. Website pun sebagai salah satu komponen pendukungnya menjadi dibutuhkan. Namun pembuatan website dari awal sangat menyita waktu dan biaya. Maka muncullah framework sebagai solusinya yang dapat membantu pembangunan website menjadi lebih cepat sehingga sumberdaya yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Dua framework yang sering digunakan oleh developer yaitu framework Yii dan Zend. Framework Zend dibuat oleh Zend Technologies Ltd, perusahaan yang menamakan dirinya "the PHP company". Zend merupakan framework yang fiturnya sangat lengkap dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan[4]. Framework Yii dirilis tahun 2008 oleh Qiang Xue[5]. Yii, singkatan dari easy, efficient, and extensible (mudah, efisien, dan bisa dikembangkan) adalah sebuah framework PHP berbasis komponen dengan performansi tinggi untuk pengembangan aplikasi website[6].

Kedua framework mempunyai kelebihan masing – masing maka dalam Tugas Akhir ini penulis membandingkan kedua framework dari sisi performance dengan menggunakan tools Webserver Stress Tool 7, kelengkapan fitur dan arsitekturnya yang pengujiannya dilakukan dengan object oriented metrics dengan method WMC.

Tugas akhir ini yang di implementasikan dengan framework Yii dan Zend, dan diujikan dari sisi performance, kelengkapan fitur dan arsitekturnya didapat hasilnya yang menunjukkan bahwa performance dari implementasi framework Yii lebih baik dari Zend, fitur – fitur Zend lebih mendukung pembuatan web 2.0, dan berdasarkan pengujian OO metrics mengunakan method WMC didapat bahwa framework Zend mempunyai arsitektur yang lebih kompleks dari framework YiiKata Kunci : : framework, MVC, Yii, Zend, Metrics, Stress TestingABSTRACT: Recently the need for information develops very fast. Website as one supporting tool is then needed. However, the process of building a website from the very beginning demand much time and cost. Therefore, framework comes as one solution which is able to help building website faster so it saves more resources. Two frames often used by developer are yii and Zend. Zend was developed by Zend Technologies Ltd., a company who names it self “the PHP Company”. Zend is a framework with a very complete features and usable for various needs [4]. Yii framework was released in 2008 by Qiang Xue [5]. Yii stands for easy, efficient, and extensible, is a component based PHP framework with high performance for web development [6].
The two frameworks have their own advantages. In this final project, these two frameworks were compared from the side of performance using Web server Stress Tool 7 as the tool, features and architectures using object oriented metrics in WMC method.
The result shows that, in building Web 2.0, from performance, Yii framework is better Zend; however, features in Zend are proven better than Yii. On the other hand, from the OO metrics result using WMC method, it shows that Zend framework has a more complex architecture compared to Yii.
Keyword: framework, MVC, Yii, Zend, Metrics, Stress Testing

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Perbandingan Framework Yii dan Zend
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Agung Rahmat Saleh
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Arie Ardiyanti Suryani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini