Analisis Usability Pada Search Engine Dengan Dokumen Teks Terstruktur

Ratih Dwi Puspita

Informasi Dasar

113040046
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Ledakan informasi menyebabkan masyarakat mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi yang cepat, padat dan relevan dengan kebutuhannya. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu Information Retrieval System (IRS) atau disebut sistem-temu-kembali-informasi yang bertujuan untuk membantu pengguna dalam menemukan informasi yang relevan dengan kebutuhan mereka dalam waktu singkat. Salah satunya adalah search engine. Yang menjadi permasalahnya adalah sejauh mana dokumen yang dihasilkan oleh search engine relevan dengan informasi yang diinginkan oleh user berdasakan jenis query inputan.
Dalam dunia sistem-temu-kembali-informasi, secara umum usability search engine didefinisikan sebagai sebuah pengukuran kualitas atau kinerja dari sebuah search engine. Salah satu parameternya adalah pengujuran efektifitas dengan precision. Efektifitas dilihat dari sejauh mana sistem tersebut mampu memberikan hasil yang relevan berdasarkan informasi yang dibutuhkan. Precision adalah jumlah kelompok dokumen relevan dari total jumlah dokumen ditemukan oleh sistem.
Pada tugas akhir ini, akan dilakukan analisis precision pada search engine dengan dokumen terstruktur, dan menguji jenis query seperti apa yang menunjukan perfomansi yang lebih baik. Search engine yang digunakan adalah Portal ACM dan Soringerlink. Dari hasil pengujian didapat, portal ACM memberikan nilai precision yang lebih tinggi dibandingkan Springerlink. Dan dari kedua search engine, boolean query memberikan nilai precision yang lebih tinggi dibandingkan simple query.Kata Kunci : Information retrieval, search engine, structured-text, usability, efektivitas, precision.ABSTRACT: The explosion of information cause people have difficulty in getting the information fastly, compact and relevant to their needs. To overcome this required an Information Retrieval System (IRS) that aims to help users find information relevant to their needs in a short time. One of them is the search engine. THE problem is the extent to which the document is generated by the search engines with the relevant information desired by the user based on type of input query.
In the field of IRS, usability of search engine is defined as a measurement of quality or performance of a search engine. One of its parameters is effectiveness with Precision. Effectiveness views of the extent to which the system is able to provide relevant results based on the information required. Precision is the number of groups of relevant documents from the total number of documents found by the system.
At the end of this task, the analysis will be done on search engines Precision with structured documents, and test the type of query, such as that which showed perfomansi better. Search engine used was the ACM Portal and Soringerlink. From the test results obtained, ACM portal Precision value is higher than Springerlink. And from the second search engine, boolean query Precision value is higher than simple queries.Keyword: Information retrieval, search engine, structured-text, usability, efektivitas, precision.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Analisis Usability Pada Search Engine Dengan Dokumen Teks Terstruktur
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ratih Dwi Puspita
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Shaufiah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini