Komputasi Pada Kombinatorial Auction Pada Kasus Lelang Frekuensi Radio Dengan Algoritma Genetika

Torkis Narama

Informasi Dasar

113040038
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pelelangan Kombinatorik adalah pelelangan yang cukup rumit dimana objek-objek yang dilelang dilakukan secara sekaligus dalam satu sesi. Keunggulan Pelelangan Kombinatorik ini adalah jaminan yang diberikan kepada bidder untuk memperoleh hanya kepada item yang diinginkannya. Namun, metode kombinatorial auction ini memiliki kekurangan yaitu belum adanya Algoritma yang mampu menyelesaikannya dengan waktu polynomial. Salah satu cara untuk menyelesaikannya adalah dengan Dynamic Programming, walaupun hasilnya bisa diandalkan untuk memberikan hasil yang terbaik, namun kebutuhan memori yang besar membuat algoritma ini tidak bisa diaplikasikan pada data bidder yang cukup banyak.

Alternatif yang lain adalah dengan Algoritma Genetika, algoritma ini dikenal di dunia programming akan kehandalannya dalam menangani permasalahan yang kompleks dan dengan pendekatan yang heuristic. Dengan adanya pindah silang, mutasi dan reservasi hasil terbaik maka diharapkan didapat kombinasi bidder pemenang dengan revenue terbesar.

Kata Kunci : Combinatorial auction, Genetic algorithm, All or Nothing, All units, All objects.ABSTRACT: Combinatorics auction is a fairly complicated auction where the objects are auctioned simultaneously and are performed in one session. The advantage of this combinatorial auction is the guarantee that is given to the bidder to get only what they want. However, the disadvantage of this method is that there is no single algorithm able to solve it polyniomially. One way to solve it is by Dynamic Programming, although the results can be relied upon to provide the best results, but large memory requirement makes this algorithm can not be applied to larger data.

Another alternative is by Genetic Algorithm, the algorithm is known in the world of programming of its reliability in solving complex problem and in heuristic approach. With the existence of crossover, mutation and individual reservation, it is expected to get a large revenue.

Keyword: Combinatorial auction, Genetic algorithm, All or Nothing, All units, All objects

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Komputasi Pada Kombinatorial Auction Pada Kasus Lelang Frekuensi Radio Dengan Algoritma Genetika
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Torkis Narama
Perorangan
Ririn Dwi Agustin, Agung Toto Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini