Analisa Kinerja Algoritma Hill Climbing Planner ( Studi Kasus : Dunia Balok )

Rendi Januar

Informasi Dasar

113040014
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam AI terdapat beberapa teknik problem solving yang digunakan dan salah satunya adalah planning. Planning ini adalah teknik pencarian aksi-aksi yang digunakan agar initial state dapat berubah menjadi goal state. Dalam planning terdapat algoritma hill climbing planner yang menggabungkan teknik heuristic search dengan planning. Heuristic yang digunakan dalam algoritma ini adalah heuristic additive
Dalam tugas akhir ini diimplementasikan algoritma hill climbing planner dengan menggunakan heuristic additive. Sistem ini akan menampilkan output berupa aksi-aksi yang dilakukan oleh sistem untuk mencapai goal state, menampilkan jumlah aksi yang dilakukan, menampilkan waktu proses yang dibutuhkan sistem untuk menyelesaikan problem, dan menampilkan banyaknya iterasi yang dilakukan oleh sistem untuk mencapai solusi.
Hasil dari penelitian tugas akhir ini didapat bahwa algoritma hill climbing planner bisa berjalan hingga kompleksitas sembilan balok. Algoritma ini tidak dapat menyelesaikan kasus yang kondisi heuristicnya sudah minimum dan untuk mencapai goal harus melakukan aksi yang membuat heuristicnya menjadi bertambah. Solusi yang didapat dari algoritma ini sudah optimal.
Kata Kunci : hill climbing planner, solving by searching, heuristic additive, artificial intteligence, planning, dunia balok, goal state, initial state.ABSTRACT: In AI there are some techniques problem solving that been used and one of them is planning. Planning is acts searching technique that is used in order that initial state can change to be a goal state. In planning there is hill climbing planner algorithm that combined heuristic search technique with planning. Heuristic that is used in this algorithm called heuristic additive.
In this final project, have been implemented hill climbing planner algorithm with heuristic additive. This system will show output which is acts that are done by the system to reach goal state, figure out some acts that have been done, shows timing process that is needed by system to finish the problem and to show lot of iteration that are done by system to get the solution.
From this final project’s experiment is concluded that hill climbing planner algorithm can be worked until complexity nine blocks. This algorithm can’t solved the problem where the state have a minimum heuristic and to reach a goal must act that can make a heuristic increased. The result can get by this algorithm have been optimal.
Keyword: hill climbing planner, solving by searching, heuristic additive, artificial intteligence, planning, dunia balok, goal state, initial state.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisa Kinerja Algoritma Hill Climbing Planner ( Studi Kasus : Dunia Balok )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rendi Januar
Perorangan
Ririn Dwi Agustin, Agung Toto Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini