Analisis dan Implementasi Pengenalan Huruf Bali Menggunakan Modified Direction Feature dan Jaringan Syaraf Tiruan

I Gede Rudy Hermanto

Informasi Dasar

113040013
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem pengenalan pola saat ini sudah berkembang dan banyak dimanfaatkan . Salah satu dari pengenalan pola yang umum dikenal orang adalah pengenalan tulisan. Indonesia yang memiliki kekayaan kebudayaan yang beragam tentunya memiliki keanekaragraman tersendiri dalam hal tulisan. Tulisan Bali yang merupakan salah satu tulisan daerah di Indonesia memiliki keunikan dari bentuknya yang hampir sama dan hanya dibedakan oleh satu guratan garis.
Dengan permasalahan tersebut dibangun system pengenalan pola yang memiliki kemampuan untuk yang mengenali huruf bali yang ditulis tangan dengan output berupa pembacaan huruf yang benar dengan menggunakan metode MDF, menganalisis tingkat akurasi dari pengenalan huruf Bali, menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat akurasi dari pengenalan huruf Bali menggunakan MDF
Teknik Modified Direction Feature (MDF) merupakan teknik yang mengambil vektor ciri dari segala arah dan menggabungkannya sehingga terbentuk vektor ciri yang spesifik. Dari vektor ciri yang diambil dari segala arah tersebut dapat diperlihatkan keunikan yang dimiliki oleh huruf bali sehingga hasil yang didapatkan menjadi maksimal.
Sistem pengenalan pola huruf Bali dengan menggunakan MDF dan JST menghasilkan kesimpulan bahwa teknik Modified Direction Feature dapat digunakan dalam mengekstraksikan pola yang terdapat pada huruf Bali, dimana jarak masing masing vektor ciri pola yang dihasilkan dari MDF memiliki nilai yang cukup tinggi dan dapat memberikan keunikan pada pola. Tingkat akurasi pada sistem dipengaruhi oleh ukuran normalisasi, jumlah transisi dan pembagian wilayah.Kata Kunci : Modified Direction FeatureABSTRACT: Pattern recognition system in this time is having a lot of improvement and being useful for human. One of the most known of this system is handwriting recognition. Indonesia with a lot of culture has many kind of region character. Balinesse character is one of them, balinesse character very unique because each character has a lot of similarity and can be deferent only by one line.
With this problem a balinesse character recognition system has been developed to recognize a balinesse character with MDF method, analyze the accuration of the system and to anylize the element that can be change the accuration level.
Modified Direction Feature Technic is a technic that take the feature extraction from all direction to make a specific feature. From the feature vector that takes from the image, it can show the uniqueness of balinesse character.
This Balinesse character recognition system using MDF and neural network has a conclucion that this system can use for feature extraction balinesse character, where the distance of each feature vector is enough to make the different between the pattern, the accuration system is influenced by normalization, trantition and the region deviding.Keyword: Modified Direction Feature

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Pengenalan Huruf Bali Menggunakan Modified Direction Feature dan Jaringan Syaraf Tiruan
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I Gede Rudy Hermanto
Perorangan
Tjokorda Agung Budi Wirayuda, Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini