PENDETEKSIAN PENYAKIT MATA BERBASISKAN JARINGAN SARAF TIRUAN DENGAN METODE BAM (BIDIRECTIONAL ASSOCIATIVE MEMORY)

ODILIA OCTAVIA SURBAKTI

Informasi Dasar

113038003
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Mata (indera penglihatan) merupakan salah satu indera yang penting dari lima indera yang ada (penciuman, pendengaran, peraba dan perasa). Oleh karena itu perawatan dan pemeliharaan kesehatan mata hendaknya benar-benar harus diperhatikan, karena gangguan pada mata dapat menyebabkan terjadinya kebutaan. Sehingga, pendeteksian penyakit mata secara dini, sangat dianjurkan untuk mengurangi resiko tersebut.
Tujuan dari penyusunan tugas akhir ini adalah untuk mengimplementasikan metode BAM (Bidirectional Associative memory) yang diskrit dengan pola inputnya yaitu bipolar 1 dan –1, sebagai metode untuk pendeteksian penyakit mata, serta menganalisa Metoda BAM tersebut dangan cara membandingkan tingkat akurasi nya dengan hasil diagnosa dari Pakar.
Pengimplementasiannya dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic6 dengan database menggunakan Ms Access 2000.
Presentase akurasi dan sensitivity mencapai 85 %, jika pengujian menggunakan data uji penyakit mata dengan output berupa penyakit mata.Kata Kunci : BAM, bipolar, akurasi, database,pendeteksianABSTRACT: Eyes is the important sense from five sense in human body. So, treatment and care to healty of eyes I must be concerning by us, because interference of eyes can make blindness.so, detection of eyes illness, its very important to decrease that risk.
Purpose of paper is to implemented BAM (Bidirectional Associative memory) methode that diskrit with input pattern is bipolar 1 dan –1 to detection of eyes illnes, and to analyzed accurate with diagnosa expert.
This program implemented with Visual Basic6 and database Ms Access 2000.
Acuration and sensitivty detection of eyes illness achieve 92,5 % for test data.Keyword: BAM, bipolar, accurate database,detection

Subjek

other
 

Katalog

PENDETEKSIAN PENYAKIT MATA BERBASISKAN JARINGAN SARAF TIRUAN DENGAN METODE BAM (BIDIRECTIONAL ASSOCIATIVE MEMORY)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ODILIA OCTAVIA SURBAKTI
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini