Implementasi Elliptic Curve Cryptography pada Algoritma ElGamal dalam Penyandian Data

Hendrick Pramana

Informasi Dasar

113030303
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pertukaran informasi melalui jaringan publik, merupakan suatu kebutuhan yang mutlak pada masa teknologi informasi ini. Permasalahan muncul karena informasi ini dilewatkan pada jaringan publik, memungkinkan pihak tertentu yang tidak mempunyai hak terhadap informasi tersebut menggunakan informasi tersebut, salah satu teknik yang digunakan untuk mengamankan informasi tersebut adalah dengan menggunakan teknik kriptografi.
Berdasarkan kuncinya kriptografi dikelompokkan menjadi private key cryptography dan public key cryptography, pada private key cryptography entitas yang akan berkomunikasi menggunakan kunci yang sama dalam mengenkripsi dan mendekripsi, sedangkan pada public key cryptography digunakan kunci berbeda dalam mengenkripsi dan mendekripsi. Pada public key cryptography terdapat tiga pendekatan dalam keamanannya, yaitu Integer Factorization Problem, Discrete Logarithm Problem dan Elliptic Curve Discrete Logarithm Problem.
Pada tugas akhir ini, diimplementasikan pendekatan Elliptic Curve pada algoritama ElGamal dalam proses penyandian. Pada implementasi tersebut, dianalisis performansi waktu, penggunaan memori dan kecepatan pada proses penyandian data pada kondisi data uji yang berbeda dan tipe kurva yang berbeda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa waku proses semakin menigkat dengan kenaikan ukuran data uji dan tipe kurva yang digunakan, penggunaan memori pada proses semakin berkurang dengan kenaikan tipe kurva.
Kata Kunci : Kriptografi, private key cryptography, public key cryptography, Elliptic Curve, El Gamal.ABSTRACT: Transfer of information through public network repsentating an indispensablelity at this period of information technology. Problem emerge because those information overcame by public network, enable certain party who doesn’t have right to using this information. One of the technique used to protect the information is cryptography.
Pursuant to the key, cryptography grouped as private key cryptography and public key cryptography. At private key cryptography, entities to communicate using same key in encryption and decryption, while in public key cryptography’s entities use different key in encryption and decryption. In public key cryptography, there are three approach in its security, that is Integer Factorization Problem, Discrete Logarithm Problem, and Elliptic Curve Discrete Logarithm Problem.
In this final project, implementation approach Elliptic Curve at El Gamal Algorithm in course of encoding. On implementation performance of time, memory usage and speed of proccess analyzed at different data encoding process in a condition, which is different curve type and different file size. Result of performance analysis at process time influenced by key size, and file size.Keyword: Cryptography, private key cryptography, public key cryptography, Elliptic Curve, El Gamal

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Implementasi Elliptic Curve Cryptography pada Algoritma ElGamal dalam Penyandian Data
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Hendrick Pramana
Perorangan
Setyorini, Endro Ariyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini