Analisis dan Implementasi Anaglyph Stereoscopy Video Melalui Media Animasi 3D

Singgih Yunanto

Informasi Dasar

113030295
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Stereoscopy adalah adalah teknik yang membuat suatu gambar dua dimensi memiliki efek tiga dimensi. Salah satu teknik melihat stereoscopy yang paling sering digunakan adalah anaglyph stereoscopy, dimana penikmat melihat citra stereoscopy dengan menggunakan kacamata berfilter warna.
Anaglyph stereoscopy sering digunakan dikarenakan mudah dan murah, tetapi dikarenakan kemudahan tersebut, anaglyph stereoscopy memiliki banyak kekurangan. Kekurangan yang paling menonjol adalah masalah akurasi warna dan ghosting.
Pada tugas akhir ini diimplementasikan beberapa algoritma pen-generate anaglyph untuk membuat anaglyph strereosopy video yang kemudian dianalisis algoritma mana yang menghasilkan anaglyph stereoscopy video yang mempunyai akurasi warna paling tinggi dan memiliki ghosting yang paling rendah. Dianalisis juga pengaruh posisi kamera saat pengambilan gambar pada efek stereoscopy dan ghosting yang diterima oleh mata.
Hasil yang didapatkan dari Tugas Akhir ini adalah (1) dianjurkan menghindari menggunakan warna merah dan memperbanyak menggunakan warna hijau dan biru pada scene (2) ghosting dapat dikurangi dengan mengurangi kekontrasan warna antara objek dan latar (3) secara umum algoritma pembuat anaglyph yang paling bagus adalah algoritma photoshop (4) posisi kamera yang ideal adalah 1/30 jarak antara kamera dengan POI dan sudut kamera kamera yang ideal crossed.Kata Kunci : stereoscopy, anaglyph, ghosting, akurasi warnaABSTRACT: Stereoscopy is a technique that makes a two dimensional picture have a three dimension efect. One of stereoscopy technique that is widely used is anaglyph stereoscopy, where viewer see a stereouscopy image through a color filtered glasses.
Anaglyph stereoscopy is widely used because its easy and cheap, but because of those, anaglyph stereoscopy have a lot of shortcomings. The most significant shortcommings is color accuration and ghosting.
This final project implements some anaglyph generator algorithm to make anaglyph stereoscopy video which is analyzed to find which algorithm that produce anaglyph stereoscopy video that have highest color accuration and lowest ghosting. The effect of camera position at picture taking to stereoscopy effect and ghosting recieved by human eye is also analyzed.
This final project shows that (1) avoid using red colors and increase the use of green and blue color on the scene (2) ghosting can be redused by minimalising the color difference between object and background (3) overall the best anaglyph generator algorithm is Photoshop algorithm (4) the ideal range between cameras is 1/30 of the range between camera and POI, and the ideal camera angle is crossed.Keyword: stereoscopy, anaglyph, ghosting, color accuration

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Anaglyph Stereoscopy Video Melalui Media Animasi 3D
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Singgih Yunanto
Perorangan
Fazmah Arief Yulianto, Tjokorda Agung Budi Wirayuda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini