Multiple Attribute Decision Making (MADM) Menggunakan Metode Electre dan Algoritma Genetika (studi kasus: Pemilihan Supervisor pada PT. Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator)

Yosep Dani Putro

Informasi Dasar

113030272
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam pemilihan supervisor suatu perusahaan, seorang manajer (pengambil keputusan) biasanya mengalami kesulitan dalam menentukan supervisor yang baru. Oleh sebab itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu memberikan saran kepada manajer. Tugas akhir ini membahas masalah pemilihan supervisor dengan menggunakan Multiple Attribute Decision Making (MADM) yang merupakan suatu metode untuk mencari alternatif optimal dari sejumlah alternatif dengan kriteria tertentu, dalam penyelesaian MADM terdapat metode electre, dimana merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria yang didasarkan pada konsep outrangking dengan menggunakan perbandingan berpasangan dari alternatif-alternatif berdasarkan tiap kriteria yang sesuai, digunakan pada kondisi dimana alternatif yang kurang sesuai dengan kriteria dieliminasi dan alternatif yang sesuai dapat dihasilkan. Tetapi dalam metode electre masih terdapat faktor subjektif yang besar dalam perangkingan, oleh sebab itu penulis menambahkan algoritma genetika untuk mengurangi subjektifitas tersebut. Dengan kata lain, Tugas Akhir ini melakukan perbandingan hasil perangkingan antara metode electre standar dan metode electre dengan algoritma genetika. Dari perbandingan tersebut dapat dilihat metode electre menggunakan algoritma genetika menghasilkan perangkingan yang baik karena tidak menimbulkan kesan subjektif dari pengambil keputusan.
Kata Kunci : Multiple Attribute Decision Making, metode electre, algoritma genetika,ABSTRACT: In election of supervisor on the company, a manager usually find difficulties in determining new supervisor. Because of that needed a system able to give suggestion to manager. In this Final Task, investigation the problem using Multiple Attribute Decision Making (MADM) representing a method to look for optimal alternative from a number of alternative with certain criterion, in solving of MADM there are method of electre, where one of the method decision making of relied on multikriteria concept of outrangking by using comparison of alternatives pursuant to every appropriate criterion, used at condition of where less alternative as according to criterion of eliminated appropriate alternative and can be yielded. But in this method still contain subjective factor, especially in alternative ranking, because that writer enhance genetics of algorithm to decrease subjektive factor. The last, this Final Task do comparison of rank result between electre and electre with algorithm of genetika. From the comparison, can be take conclusion that electre use genetics algorithm to result of ranking more better than standard of electre because not impression subjective result from decision maker.
Keyword: Multiple Attribute Decision Making, electre, genetics algorithm, subjective,

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Multiple Attribute Decision Making (MADM) Menggunakan Metode Electre dan Algoritma Genetika (studi kasus: Pemilihan Supervisor pada PT. Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yosep Dani Putro
Perorangan
Suyanto, Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini