Perbandingan Performansi Mobile IPv6 (MIPv6) dengan Fast Handover Mobile IPv6 (FMIPv6) pada Jaringan TCP/IP

Ibnu Purbani

Informasi Dasar

113030266
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Inovasi dalam teknologi wireless mengubah cara pengguna dalam menggunakan internet. Saat ini sangat memungkinkan untuk berkomunikasi selama kita bergerak. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya teknologi Mobile IP yang digunakan untuk menjawab kebutuhan dari user. Mobile IPv6 merupakan pengembangan dari teknologi aplikasi jaringan yang bekerja untuk memenuhi dari quality of service pada jaringan wire maupun wireless. Handover latency dari protocol MIPv6 merupakan suatu masalah yang menyebabkan banyaknya packet loss dan penurunan throughput.
Seiring dengan pengembangan MIPv6, maka muncullah protokol Fast Handover for Mobile IPv6 atau yang dikenal dengan FMIPv6. Fast Handover Mobile IPv6 (FMIPv6) merupakan protokol yang memungkinkan sebuah MN untuk mengkonfigurasi CoA yang baru, sebelum MN tersebut berpindah dan terkoneksi ke jaringan yang baru. FMIPv6 ini juga mengijinkan MN untuk menggunakan CoA yang baru seketika dia mengkoneksikan dirinya ke jaringan yang baru. Lebih lagi, protokol FMIPv6 mencari untuk mengeliminasi latensi yang terjadi ketika terjadi prosedur BU dari MN dengan menyediakan sebuah tunnel dua arah antara jaringan yang lama dengan yang baru saat prosedur BU sedang dilakukan.
Pada tugas akhir ini, saya mencoba mengimplementasikan jaringan MIPv6 terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan mengimplementasikan FMIPv6 protokol pada perangkat dan topologi yang sama. Pada testbed yang saya lakukan kita dapat lihat bahwa handoff latency yang ada pada MIPv6 dapat dikurangi oleh protokol FMIPv6 dengan alasan seperti diatas. Nilai QoS yang ditunjukkan pada bab empat menunjukkan bahwa protokol FMIPv6 lebih baik dibandingkan dengan protokol MIPv6.Kata Kunci : Fast handover, Mobile IP, Wireless LAN.ABSTRACT: Innovation in wireless technologies is changing the way users to connect the internet. It is now possible to communicate while on the move. This thing has motivated the mobile IP technology came up to fulfill what the user needed. The Mobile IPv6 is the enhancement from network application technology that operate at the required quality of service in the wire or wireless network. Handover latency of MIPv6 is the main cause of packet loss and throughput degradation.
In the growth and development of MIPv6 the the Fast Handover for Mobile IPv6 that known as FMIPv6 came up. Fast Handovers for Mobile IPv6 (FMIPv6) protocol is to allow a MN to configure a new CoA, before it moves and connects to a new network. It also allows the MN to use the new CoA immediately upon connecting to the new network. Furthermore, the FMIPv6 protocol seeks to eliminate the latency involved during the MN’s BU procedure by providing a bi-directional tunnel between the old and new networks while the BU procedures are being performed.
In this final project, I try to implement MIPv6 network first and then FMIPv6 at the same computer and topology. In the testbed we can see that the handoff latency in MIPv6 reduced by FMIPv6 that caused by some reasons that I have mentioned above. The QoS values that shown in chapter four perform that FMIPv6 has a better values agains MIPv6 protocol.Keyword: Fast handover, Mobile IP, Wireless LAN.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Perbandingan Performansi Mobile IPv6 (MIPv6) dengan Fast Handover Mobile IPv6 (FMIPv6) pada Jaringan TCP/IP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ibnu Purbani
Perorangan
Niken Dwi Cahyani, Solekhan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini