Komposer Musik Otomatis Menggunakan Algoritma Genetika Adaptif Berdasarkan Kontrol Logika Fuzzy

Angga Bastian

Informasi Dasar

113030254
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Membuat sebuah komposisi musik biasanya dilakukan oleh composer yang telah terlatih pengetahuan musiknya, namun dengan bantuan system ini, musisi yang belum berpengalaman dalam menulis musik dapat membuat musiknya sendiri. Sistem ini juga dapat digunakan oleh musisi yang telah ahli sebagai bahan pertimbangan dalam pencarian ide penulisan musik.
Sistem ini menggunakan algoritma genetika adaptif yang berdasarkan control logika fuzzy dalam proses mencari solusi yang diinginkan, dalam hal ini adalah sebuah potongan musik. Algoritma genetika dapat membangun satu potongan musik dimana dalam proses pencarian potongan musik yang sesuai, algoritma genetika menggunakan kontrol logika fuzzy untuk menyesuaikan parameterparameternya untuk mencegah terjadinya konvergensi prematur. Hasil yang ingin dicari adalah sebuah potongan musik yang tidak menyalahi aturan-aturan dalam suatu karya musik, dimana aturan yang digunakan dalam sistem ini dibatasi berdasarkan western tonal theory.
Kata Kunci : genetika adaptif, logika fuzzy, komposisi musik.ABSTRACT: Create a musical composition is usually carried out by the composer who was trained in music knowledge, but with the help of this system, the musicians who has not experienced in writing music can make their own music. This system can also be used by musicians who has been expert as a material consideration in the search of musical ideas.
This system uses adaptive genetic algorithm based on fuzzy logic control in the process of searching for the desired solution, in this case is a snippet of music. Genetic algorithm can build a snippet of music, and in the process of searching the appropriate discount music, genetic algorithms using fuzzy logic control to adjust its parameters to avoid the occurrence of premature convergence. Results that we want to look for is a snippet of music that does not violate the rules in a music paper, where the rules used in this system is limited based on western tonal theory.
Keyword: adaptif genetic algorithm, fuzzy logic controller, music composition.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Komposer Musik Otomatis Menggunakan Algoritma Genetika Adaptif Berdasarkan Kontrol Logika Fuzzy
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Angga Bastian
Perorangan
Mahmud Imrona, Agung Toto Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini