Pembangunan Jenis Huruf Baru pada Sistem Komputer Melalui Pendekatan String Matching

Andre Marga Pradja

Informasi Dasar

113030243
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknik manipulasi dan analisis bentuk karakter merupakan teknik yang dikembangkan dari pemrosesan gambar dan pengenalan bentuk. Permasalahannya adalah bagaimana mengenali suatu bentuk karakter dalam sistem komputer. Tugas akhir ini membahas bagaimana mengenali bentuk dan karakteristik dari suatu tipe huruf dan mendesain jenis huruf baru dari huruf yang telah ada dengan menggunakan pendekatan string matching. Tujuannya ialah membangun aplikasi dimana seseorang dapat menciptakan bentuk huruf baru tanpa melakukan proses desain, tetapi dengan modifikasi bentuk huruf yang sudah ada. Adapun algoritma string matching yang digunakan adalah Boyer-Moore dan tipe huruf yang dapat diproses hanya terbatas pada format TrueType Font.
Metode yang digunakan untuk penyelesaian masalah tersebut adalah Longest Common Substring (LCS) dan String Matching dengan algoritma Boyer-Moore. LCS digunakan untuk mencari elemen maksimal dari hasil perbandingan dua buah string. Elemen ini merupakan substring yang terdapat kedua kontur yang dibandingkan. Proses string matching digunakan untuk mencari kesamaan bentuk kontur dengan mencocokan elemen satu dengan yang lainnya. Metode ini hanya dapat berjalan dengan baik pada bentuk kontur yang non-bidirectional tetapi tidak untuk kontur yang bidirectional.
Kata Kunci : analisis bentuk, string matching, Boyer-Moore, persamaan bentuk, TrueType font, longest common substring.ABSTRACT: Most known manipulation and analysis techniques originate from image processing and pattern recognition. The problem is how to recognize a shape at computer system. The final project studies how to identify and create new letter type through string matching process. The goal is developing an application that people can make new letter shape within modifying the old letter shapes and without design process. The string matching algorithm that is used is Boyer-Moore algorithm and the font format that can be processed is TrueType Font.
To solve the problems, the project uses Longest Common Substring (LCS) and Boyer-Moore string matching method. The LCS method is used to find maximal element from comparison of two strings. This element is a substring that appears in two comparison contours. The string matching process is used to find shape similarities. These methods work only in non-bidirectional shape but not in bidirectional shape.Keyword: shape analysis, shape modification, string matching, Boyer-Moore, shape similarities, TrueType font, longest common substring.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Pembangunan Jenis Huruf Baru pada Sistem Komputer Melalui Pendekatan String Matching
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andre Marga Pradja
Perorangan
Rimba Whidiana, ZK. Abdurahman Baizal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini