Skenario dan Analisis Transisi IPv6 pada Jaringan Kampus (Studi Kasus : STT Telkom)

Suci Rahima

Informasi Dasar

113030235
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: IPv6 sebagai Internet Protokol yang baru memecahkan masalah keterbatasan yang dimiliki oleh IPv4 terutama tentang jumlah alamat IPv4 yang semakin menipis. Untuk dapat beralih ke IPv6 dibutuhkan sebuah transisi. Jaringan kampus sebagai salah satu area jaringan membutuhkan skenario transisi agar transisi dapat berjalan di jaringannya tanpa mengganggu jalannya jaringan yang sudah ada.
Pada Tugas Akhir ini dibuat skenario transisi dan menganalisisnya. Skenario transisi akan memuat bagaimana dukungan jaringan yang ada sekarang terhadap IPv6 dan bagaimana mentransisikan komponen jaringan tersebut. Skenario itu diimplementasikan di jaringan IF kampus STT Telkom. Implementasi tadi diuji performasinya dengan melakukan akses ke layanan yang ada pada jaringan IPv4. Uji performansi memebrikan hasil bahwa performansi akses ke layanan dari IPv6 ke IPv4 lebih rendah dari IPv4 ke IPv4.
Kata Kunci : transisi IPv4/IPv6 , skenario transisi, jaringan kampus, performansi.ABSTRACT: IPv6 as the new Internet protocol has become a solver of IPv4 limitedness on the diminish address; but the transition are needed in order to IPv6 transition. With no exception, the campus network as one of the network area needs a transition scenario to be able to work on its own without disturbing any other existing network.
The scenario would be made and analyzed in this final project. It is going to accommodate how the existing network support IPv6 and how to transit its network component. This scenario is implemented in the STT Telkom’s informatics network. The performance of this implementation is tested by accessing IPv4 services. The result shows that the access performance from IPv6 to IPv4 is lower than IPv4 to IPv4.
Keyword: IPv4/IPv6 transition, transition scenario, campus network, performance

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Skenario dan Analisis Transisi IPv6 pada Jaringan Kampus (Studi Kasus : STT Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Suci Rahima
Perorangan
Tri Brotoharsono, Vera Suryani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini