ANALISIS DAN IMPLEMENTASI CONVERGENCE SUBLAYER PADA MEDIUM ACCESS CONTROL MENGGUNAKAN EMBEDDED CONFIGURABLE OPERATING SYSTEM

FEBRI DAWANI

Informasi Dasar

113030233
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI:
Di dalam standarisasi IEEE Std 802.16TM-2004 didefinisikan bahwa Convergence Sublayer (CS) adalah sublayer teratas pada Medium Access Control Layer (MAC Layer). Fungsi utama MAC CS adalah melakukan proses klasifikasi dan pemetaan MAC Service Data Unit (MSDU) ke dalam sebuah koneksi yang didefinisikan oleh Connection Identifier (CID). Klasifikasi dan pemetaan merupakan proses yang penting sehingga dibutuhkan implementasi dan analisis MAC CS sesuai dengan definisi pada IEEE Std 802.16TM-2004.

Dalam tugas akhir ini dilakukan analisis dan implementasi MAC CS menggunakan Embedded Configurable Operating System (eCos). eCos merupakan Open Source Real Time Operating System (RTOS) yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan tujuan penggunanya. Dengan menggunakan fitur-fitur yang dimiliki oleh eCos, implementasi MAC CS dapat dilakukan di atas sebuah platform hardware tertentu.

Hasil akhir dari penelitian tugas akhir ini adalah dapat diimplementasikan fungsi utama MAC CS dalam melakukan proses klasifikasi dan pemetaan dengan menggunakan eCos. Pada tugas akhir ini, dilakukan juga analisis fungsionalitas MAC CS dalam menjalankan fungsi klasifikasi dan pemetaan.
Kata Kunci : Kata Kunci: Convergence Sublayer (CS), Medium Access Control (MAC), Connection Identifier (CID), Embedded Configurable Operating System (eCos)ABSTRACT:
In IEEE Std 802.16TM-2004, Convergence Sublayer (CS) is defined as the top sublayer of Medium Access Control (MAC) Layer. The MAC CS main function is classification and mapping the MAC Service Data Unit (MSDU) in to appropriate connection that defined by Connection Identifier (CID). Classification and mapping are important process, that is, analysis and implementation MAC CS based on IEEE Std 802.16TM-2004 is required.

Analysis and implementation of MAC CS using Embedded Configurable Operating System (eCos) is the topic research of this final year project. eCos is Open Source Real Time Operating System (RTOS) that can be configurated depend on the goal of the user. By using eCos's fitures, implementation of MAC CS can be done on specific hardware platform.

Result of this final year project is MAC CS's main function, classification and mapping process, can be implemented by using eCos's fitures. Analyzing of MAC CS functionality on classification and mapping process is showed in this final year project.
Keyword: Keywords: Convergence Sublayer (CS), Medium Access Control (MAC), Connection Identifier (CID), Embedded Configurable Operating System (eCos)

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI CONVERGENCE SUBLAYER PADA MEDIUM ACCESS CONTROL MENGGUNAKAN EMBEDDED CONFIGURABLE OPERATING SYSTEM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEBRI DAWANI
Perorangan
Tri Brotoharsono, Setyorini
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini