SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE RIPPLE DOWN RULE

Febianti Roris Marini

Informasi Dasar

113030208
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem pakar merupakan salah satu cabang kecerdasan buatan yang mampu menirukan penalaran seorang pakar dalam menyelesaikan masalah pada domain pengetahuan tertentu baik dalam membuat keputusan dan mengambil kesimpulan. Tujuan dibangunnya sistem pakar adalah untuk mengalihkan keahlian yang dimiliki oleh pakar ke dalam komputer kemudian mengalihkannya lagi kepada orang lain.

Ripple Down Rule merupakan pendekatan dalam membangun basis pengetahuan secara bertahap. RDR merupakan teknik akuisisi pengetahuan yang mengijinkan pengguna untuk menambah pengetahuan secara cepat dan sederhana tanpa bantuan seorang perekayasa pengetahuan. Tujuan dari RDR adalah untuk mendapatkan pengembangan yang sederhana dan bertahap dari suatu sistem berbasis pengetahuan pada saat sedang digunakan. Dua modul utama dari metode ini yaitu modul inferensi pengetahuan dan akuisisi pengetahuan, dimana keduanya saling berkaitan erat dalam membangun basis pengetahuan.

Tugas akhir ini menggunakan studi kasus diagnosis gangguan kesehatan. Pengetahuan disimpan ke basis pengetahuan dalam bentuk pohon biner. Akuisisi pengetahuan ke dalam sistem mempengaruhi perkembangan basis pengetahuan. Urutan akuisisi pengetahuan akan mempengaruhi proses inferensi pengetahuan dalam menentukan hasil keluaran sistem. Pengetahuan yang telah disimpan tidak dapat dihapus atau diubah, karena urutan inferensi yang terbentuk akan menjadi berantakan.Kata Kunci : sistem pakar, ripple down rule, inferensi pengetahuan, akuisisiABSTRACT: Expert system is one of Artificial Intelligent discipline branch that capable to imitate how expert solve the problem in a specific domain of knowledge both in making decision and take a conclusion. The purpose of building expert systems is to transfer knowledge from expert into computer and then transfer it again to others.

Ripple Down Rule is an approach to building knowledge base incrementally. RDR is an knowledge acquisition technique that allowed user to insert knowledge quickly and easy without knowledge engineer support. The intention of RDR is to get simple and gradually development from a knowledgebased system while it is in routine use. Two important modules from this method are knowledge inference and knowledge acquisition, where both each other connected in building knowledge base.

This final task use case study that is diagnose of health problems. Knowledge saved into knowledge base in the form of binary tree. Knowledge acquisition into system influence the knowledge based development. The sequence of knowledge acquisition will influence knowledge inference process to decide the result of system output. Knowledge which have been saved cannot be vanished or changed, since the sequence of inference that have been formed will be in disorder.

Keyword: expert system, ripple down rule, knowledge inference, knowledge

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE RIPPLE DOWN RULE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Febianti Roris Marini
Perorangan
Retno Novi Dayawati, Ririn Dwi Aguin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini