Analisis dan Implementasi Segmentasi Citra Berwarna Menggunakan Algoritma JSEG Analysis and Implementation of Color Image Segmentation Using JSEG Algorithm

Alin Kurniawan Purwanindita

Informasi Dasar

113030201
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Segmentasi citra adalah proses membagi citra digital menjadi beberapa region (kumpulan piksel). Tujuan dari segmentasi citra adalah menyederhanakan atau mengubah representasi sebuah citra sehingga lebih mudah untuk dianalisis
Beberapa algoritma populer dan klasik dalam proses segmentasi citra berdasarkan warna diantaranya algoritma watersheed, region growing, splitting and merging dan lain-lain. Melengkapi algoritma klasik yang sudah ada ditambah dengan karakteristik yang khas, algoritma J-Segmentation (JSEG) muncul sebagai algoritma baru segmentasi citra berwarna. Algoritma ini diperkenalkan oleh Yining Deng, B. S Manjunath dan Hyundon Shin pada tahun 1999, dan masih dikembangkan hingga saat ini dalam bidang image retrieval.
Algoritma JSEG diklaim sebagai algoritma yang baik yang dapat diterapkan pada berbagai macam tipe file citra. Namun sejauh ini belum ada pengujian ketahanan (robustness) algoritma ini terhadap gangguan berupa noise ataupun efek blur sebagai salah satu bukti pendukung terhadap klaim bahwa algoritma JSEG adalah algoritma yang baik.
Dalam Tugas Akhir ini akan dilakukan analisis pengaruh parameter threshold kuantisasi warna dan penggabungan region terhadap hasil segmentasi citra menggunakan algoritma JSEG. Selain itu juga akan dilakukan uji ketahanan segmentasi citra dengan algoritma JSEG pada citra berwarna dengan tingkat gangguan noise dan blur yang berbeda.
Kata Kunci : segmentasi, citra, JSEG, noise, blur, robustness.ABSTRACT: Image Segmentation is a process to divide an image to several region. The purpose of Image segmentation is to simplify or to change an image representation so the image is easier for image analysis.
Some of popular and classic image segmentation algorithm are watersheed algorithm, region growing, splitting and merging etc. J-Segmentation (JSEG) algorithm appeared as new color image segmentation algorithm. This algorithm introduced by Yining Deng, B. S Manjunath and Hyundon Shin at 1999, and still developing until now in image retrieval purpose.
JSEG Algorithm is claimed as good algorithm that can be applied on several type of image file. But until now, there is no robustness testing to this algorithm about handling noise and blur to support the claiming that JSEG is good image color segmentation algorithm
This final project analyse the effect of parameter threshold color quantization and region merging using JSEG Algorithm to image segmentation result and also analyse JSEG robustness towards color image with several level noises and blurs.
Keyword: segmentation, image, JSEG, noise, blur, robutsness

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Segmentasi Citra Berwarna Menggunakan Algoritma JSEG Analysis and Implementation of Color Image Segmentation Using JSEG Algorithm
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Alin Kurniawan Purwanindita
Perorangan
Adiwijawa, Tjokorda Agung Budi Wirayuda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini