Analisis Perbandingan Implementasi Algoritma Kriptografi Kunci Simetri DECIM dan Grain untuk Penyandian Data

Dewi Riyanti

Informasi Dasar

113030186
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini, telah banyak algoritma kriptografi yang telah diciptakan baik yang diaplikasikan pada perangkat lunak maupun perangkat keras. Dari yang sederhana hingga yang kompleks. Masing-masing algoritma mempunyai kelebihan masing-masing. Kelebihan dari segi kecepatan dalam proses enkripsi / proses dekripsi ataupun dari kebutuhan memori. Kelebihan-kelebihan ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan algoritma kriptografi dalam merahasiakan data.
Pada tugas akhir ini terdapat dua algoritma kriptografi yang diimplementasikan yaitu DECIM dan Grain. Keduanya merupakan stream cipher. Kemudian akan dilakukan perbandingan terhadap kedua algoritma tersebut. Perbandingan dilakukan terhadap waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses enkripsi / proses dekripsi, besarnya memori yang dibutuhkan dan avalanche effect.
Berdasarkan implementasi dan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa algoritma kriptografi Grain membutuhkan waktu yang lebih singkat dan memori yang lebih sedikit dibandingkan dengan algoritma DECIM. Algoritma Grain juga memiliki nilai avalanche effect yang lebih tinggi dibandingkan dengan algoritma DECIM.Kata Kunci : Kriptografi, DECIM, Grain, Enkripsi, DekripsiABSTRACT: This time, there is a lot of cryptography algorithms created for software application or hardware application. From the simple one to the complex one. All of that algorithms have each excess. Excess of encryption and decryption speed or excess of memory usage. This excess can be used to select which cryptography algorithm used to protect data.
In this Final Assignment, there are two cryptography algorithm implemented, which are DECIM and Grain. That two algorithm are stream cipher. Then, that algorithm will be compared. The comparison is done to time required for encryption and decryption proscess, change of size of input file and output file, memory usage and avalanche effect.
Pursuant to the implementation and anaysis which have been done, can be concluded that Grain algorithm require briefer process time and memory usage which is fewer than DECIM algorithm. Grain algorithm also have higher avalanche effect value than DECIM algorithm.Keyword: Cryptography, DECIM, Grain, Encryption, Decryption

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis Perbandingan Implementasi Algoritma Kriptografi Kunci Simetri DECIM dan Grain untuk Penyandian Data
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dewi Riyanti
Perorangan
Setyorini, Vera Suryani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini