Analisis dan Implementasi Refactoring Untuk Mendapatkan Decorator Design Pattern pada Kode Pemrograman Berbasis Objek Refactoring Analysis and Implementation to Get Decorator Design Pattern on Object-Oriented Programming Code

Trisya Kansya Salea

Informasi Dasar

113030155
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Paradigma pembangunan perangkat lunak berbasis objek adalah bagaimana merepresentasikan dunia nyata ke dalam sebuah sistem sehingga pemecahan suatu masalah tidak dilihat dari cara menyelesaikan masalah tersebut tetapi dititikberatkan pada objek-objek apa sajakah yang dapat memecahkan masalah tersebut.
Design pattern dan refactoring merupakan 2 metode yang terkenal dari pemrograman berbasis obyek yang bertujuan mengasilkan perangkat lunak yang handal yaitu dengan menerapkan suatu pola dalam pembangunan perangkat lunak. Namun, terdapat perbedaan besar diantara keduanya, yaitu pola design pattern diterapkan sejak awal desain sedangkan refactoring menerapkan polanya ketika kode telah selesai dituliskan.
Berangkat dari pernyataan eksplisit dari Martin Fowler dalam buku Refactoring yang menuliskan bahwa ada relasi natural yang menghubungkan pola dalam design pattern terhadap mekanisme refactoring dimana pernyataan ini secara tidak disengaja juga didukung oleh E.Gamma dalam buku Design Patternnya, maka tugas akhir ini mencoba membuktikan pernyataan tersebut dan akan berusaha menjembatani perbedaan antara refactoring dan design pattern. Proses pembuktian dilakukan dengan mengimplementasikan baik refactoring maupun design pattern dalam studi kasus yang sama. Kali ini akan digunakan Move Embellishment Refactoring dan Decorator Pattern.
Hasil yang diperoleh setelah implementasi adalah adanya keserupaan struktur diantara sistem yang dibangun dengan Move Embellishment dan Decorator Pattern.
Kata Kunci : pemrograman berbasis objek, design pattern, refactoring, decorator,ABSTRACT: The paradigm of object-oriented programming is how to represented real world into system so that it more focus on objects that involve in answering problem rather than only focus on how to solve the problem.
Design pattern and refactoring are the famous method in object-oriented programming which both of them objectived to produce a reliable software by applying pattern in their software implementation. From the way of using pattern, there is a huge difference between both of them, design pattern using pattern long before write any code but refactoring using pattern after a lot of code has been written.
Begin with the explicit statement from Martin Fowler which has been written on his Refactoring book about the possibility of natural relationship that connect pattern in design pattern with refactoring mechanism and unintentionally E.Gamma in other way endorse this statement on his Design Pattern manual book. Then this final project is performed to proving that explicit statement and bridges gap between refactoring and design pattern. The proving process is carried out by implement both of refactoring and design pattern on the same case-study. It is using the Move Embellishment Refactoring and Decorator Pattern.
The implementation result shows a structure similiarity between system build by Move Embellishment and build with Decorator Pattern.
Keyword: object-oriented programming, design pattern, refactoring, decorator

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Refactoring Untuk Mendapatkan Decorator Design Pattern pada Kode Pemrograman Berbasis Objek Refactoring Analysis and Implementation to Get Decorator Design Pattern on Object-Oriented Programming Code
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Trisya Kansya Salea
Perorangan
Dana Sulistyo Kusumo, Kusuma Ayu Laksitowening
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini