Implementasi dan Analisis Perbandingan Performansi antara Algoritma Helix dan Algoritma Phelix untuk Proses Enkripsi dan Dekripsi Data

Reghina Maria Juniartha Saragih

Informasi Dasar

113030154
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi sistem informasi, memungkinkan semakin mudahnya untuk mencuri data oleh pihak-pihak yang tidak berhak mendapatkan data yang ada. Akibatnya, keamanan data adalah suatu hal yang harus dilakukan. Salah satu cara untuk mengamankan data adalah dengan menggunakan metode kriptografi yang merupakan seni dan ilmu untuk menyembunyikan data dari pihak-pihak yang tidak berhak.
Dalam Tugas Akhir ini diimplementasikan suatu perangkat lunak dengan menggunakan Borland Delphi 7 dan menganalisis perbandingan antara algoritma Helix dan algoritma Phelix. Algoritma Helix dan algoritma Phelix merupakan algoritma stream cipher. Parameter yang dipakai untuk dibandingkan adalah waktu proses enkripsi dan dekripsi data dan jumlah memori yang digunakan ketika melakukan proses enkripsi dan dekripsi.
Berdasarkan percobaan yang dilakukan didapatkan data bahwa waktu proses enkripsi/dekripsi untuk algoritma Helix dan Phelix memiliki perbedaan waktu yang tidak terlalu besar karena adanya perbedaan dalam proses key mixing dan keystream. Jumlah memori yang digunakan oleh kedua algoritma juga relatif sama untuk proses enkripsi/dekripsi.
Kata Kunci : kriptografi, Helix, Phelix, stream cipherABSTRACT: Due to the information system technology improvement, possibly easier to get the data by party which have no right to get the information. Consequently, data security is one thing that have to do. One of way to take care of the data security is using a cryptography method that is representing science and art to hide data from the unauthorized people.
In this Final Task is implemented by using Borland Delphi 7 and analysis the comparison between Helix algorithm and Phelix algorithm. Helix algorithm and Phelix algorithm are stream cipher algorithm. The parameters that will be compared to are process time of encryption and decryption and how much memory that used while encryption and deryption.
Based on the simulation, encription / description time process for Helix and Phelix algorithm has the difference of time process which is slighty different because there are difference in key mixing and keystream process. The number of memory which is used by both of these algorithm in encription / description process. are slighty different too.
Keyword: cryptography, Helix, Phelix, stream cipher

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Implementasi dan Analisis Perbandingan Performansi antara Algoritma Helix dan Algoritma Phelix untuk Proses Enkripsi dan Dekripsi Data
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Reghina Maria Juniartha Saragih
Perorangan
Maman Abdurohman, Andrian Rakhmatsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini