Simulasi Jaringan Multiprotocol Label Switching (MPLS) menggunakan Internet Protocol versi 6 (IPv6)

Bagus Rully Muttaqien

Informasi Dasar

113030145
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: MPLS merupakan penerapan terkini dari teknik data forwarding yang mengizinkan penggunaan label dalam keputusan data forwarding. Mekanisme MPLS tidak menggunakan teknik pengambilan keputusan seperti pada teknik data forwarding pada teknik IP tradisional yang menunjuk pada tabel routing yang kompleks. IPv6 merupakan solusi untuk menyediakan pengalamatan IP dalam jumlah yang sangat besar yang memungkinkan perangkat dalam jumlah yang besar pula untuk terhubung langsung ke internet. Mengingat begitu banyak nya router IPv4 yang terhubung satu sama lain ke jaringan besar internet, sangat beralasan untuk segera menerapkan pengalamatan IPv6. Implementasi IPv6 didukung oleh MPLS di mana penerusan paket data tidak berdasarkan struktur dasar pengalamatan IP.
Untuk mengetahui performansi dari suatu jaringan berskala besar seperti IPv6, perawatan Quality of Service harus diberikan di setiap node yang dilewatkan oleh paket. Dalam pengalamatan IPv6, akan banyak sekali layanan yang dapat ditangani dan itu semua akan ditangani oleh MPLS dalam hal data forwarding. Teknik ini membutuhkan perangkat yang mampu mendukung MPLS dan IPv6 secara sekaligus.
Pada tugas akhir ini akan menitikberatkan pada pembangunan aplikasi simulasi jaringan yang mampu merepresentasikan MPLS pada jaringan IPv6 beserta analisis terhadap parameter QoS dari hasil simulasi. Akan dianalisis terhadap performansi jaringan secara umum beserta kelayakan untuk pengimplementasian di kondisi nyata.Kata Kunci : MPLS, IPv6, QoS.ABSTRACT: MPLS is an advance application from data forwarding technique that allows using label in data forwarding decision. MPLS mechanism isn’t using decision like data forwarding in traditional IP technique that refers to complex routing table. IPv6 is a solution for providing IP address in huge amount that enable equipment in large quantity connecting to internet immediately. Considering there are many IPv4 routers which connect each other to big internet network, it’s reasonable for applying IPv6 address. IPv6 implementation is supported by MPLS where the package data transfer aren’t based on basic address IP structure.
For knowing performance from a big scale network such as IPv6, the Quality of Service treatment should be given in every node which is passed by package. In IPv6 addressing, there will be so many services can be handled by MPLS in data forwarding. This technique needs equipment which can support MPLS and IPv6 all at once.
This final project will emphasize the network simulation application which can represent MPLS on IPv6 network and analysis to QoS parameter from simulation result. Going to analyze the network performance generally and properness analysis for implementating in real condition too.Keyword: MPLS, IPv6, QoS.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Simulasi Jaringan Multiprotocol Label Switching (MPLS) menggunakan Internet Protocol versi 6 (IPv6)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bagus Rully Muttaqien
Perorangan
Tri Brotoharsono, Endro Ariyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini