Analisis QoS DiffServ pada Jaringan MPLS menggunakan algoritma WF2Q dan CBQ-WRR

Firman Nurdiansyah

Informasi Dasar

113030140
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sekarang ini di industri Internet, QoS (Quality of Service) memegang peranan penting pada implementasi dari berbagai jenis layanan (Multiservice). QoS itu sendiri adalah tingkat kualitas dari suatu layanan yang dihubungkan dalam penanganannya sehingga diharapkan dapat memenuhi kepuasan user.
Berkaitan dengan hal tersebut, maka dibutuhkan suatu mekanisme yang dapat menjamin QoS. IETF (Internet Engineering Task Force) mengusulkan beberapa model dan mekanisme layanan untuk memenuhi permintaan QoS diantaranya adalah penggabungan teknologi DiffServ dan MPLS.
Kombinasi dari kedua teknologi DiffServ dan MPLS menyajikan strategi yang sangat atraktif untuk penyedia jaringan backbone dengan QoS yang scalable dan kemampuan untuk rekayasa trafik menggunakan teknologi fast packet switching. Selain itu untuk mengantisipasi kemacetan aliran komunikasi data pada jaringan Internet, juga dikembangkan mekanisme antrian yang mengatur kongesti sehingga diperoleh kinerja yang baik
Mekanisme antrian yang digunakan di dalam tugas akhir ini, adalah Worst-case Fair Weighted Fair Queuing (WF2Q) dan Class Based Queuing-Weighted Round Robin (CBQ-WRR). Hasil yang diperoleh dari simulasi adalah pada setiap skenario yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa mekanisme antrian yang CBQ-WRR lebih baik dalam menangani paket Video dan paket Data Sedangkan WF2Q lebih baik dalam menangani paket VoIP.
Kata Kunci : DiffServ, MPLS, WF2Q, CBQ-WRRABSTRACT: Currently in the Internet industry, QoS (Quality of Service) plays an important role in the implementation of the various types of services (multiservice). QoS itself is of a high level of service that is connected to handle that is expected to meet user satisfaction
In this regard, it is needed a mechanism that can guarantee QoS. IETF (Internet Engineering Task Force) proposed several models and mechanisms to meet the demand for services such as the merger of QoS DiffServ and MPLS technologies.
The combination of both DiffServ and MPLS technology provides a very attractive strategy for backbone network providers with a scalable QoS and traffic engineering capabilities to use fast packet switching technology. In addition to anticipating the flow of communications traffic data on the Internet network, also developed mechanisms that regulate congestion queue from which a good performance.
Queue mechanism is used in this final task, is Worst-case Fair Weighted Fair Queuing (WF2Q) and Class Based Queuing, Weighted Round Robin (CBQ-WRR). The results of the simulation is in every scenario that has been made available to the conclusion that the CBQ queuing mechanism, the WRR better handle video packets and data packets, while WF2Q better handle VoIP packets
Keyword: DiffServ, MPLS, WF2Q, CBQ-WRR

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis QoS DiffServ pada Jaringan MPLS menggunakan algoritma WF2Q dan CBQ-WRR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Firman Nurdiansyah
Perorangan
Niken Dwi Cahyani, Bayu Erfianto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini