Implementasi dan Analisis untuk Meningkatkan Accessibility pada Aplikasi Web Berbasis AJAX

Shadri Hidayat Nursanto

Informasi Dasar

113030120
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada aplikasi web berbasis AJAX terdapat permasalahan yaitu accessibility yang cenderung dialami oleh orang yang memiliki kekurangan/cacat (people with disabilities). Permasalahan tersebut muncul disebabkan teknik yang digunakan oleh aplikasi web berbasis AJAX dalam menampilkan informasi dari sebuah halaman web yang bersifat asynchronous.
Accessibility adalah tingkat kemudahan bagi seseorang dengan kebutuhan yang berbeda dalam mengakses sebuah aplikasi melalui bantuan sebuah perangkat lunak ataupun perangkat keras yang biasa disebut dengan Assistive Technology (AT). Salah satu solusinya adalah menggunakan sebuah guideline yang diberi nama Accessible Rich Internet Application (ARIA) yang akan membantu AT agar dapat menangkap perubahan informasi yang terjadi dan memberitahukannya kepada user.
Tugas akhir ini mengimplementasikan dan menganalisis apakah dengan menggunakan ARIA sebuah aplikasi web dapat memiliki accessibility yang tinggi dengan AT sebagai parameter dan sampai sejauh mana accessibility dapat ditingkatkan dengan menggunakan ARIA. Apakah masih perlu ada penambahan secara semantik terhadap ARIA.
Dari pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa harus ada hubungan timbal balik antara web browser dan AT dalam mendukung ARIA. Selain itu penambahan dan penyempurnaan semantik dari ARIA masih diperlukan karena kinerja ARIA masih belum optimal.
Kata Kunci : AJAX, accessibility, people with disabilities, accessible rich internetABSTRACT: In the AJAX -based web application, there is a problem of accessibility that is faced by user with disabilities. This problem occurred because it is using an asynchronous technic for displaying the information in the web pages.
Accessibility is the difficulty level for a user with specific needs in accessing an application using a software as a helping tools or a hardware that known as Assistive Technology (AT). One of the solution is to use a guideline named Accessible Rich Internet Application (ARIA) that enable AT in receiving updated informations and then inform it to the user.
This final project is implementing and analyzing how an ARIA-based web application show a higher accessibility with AT as the parameter and to measure the increase in accessibility level. Whether ARIA still need more semantic addition.
Based on the conducted research , it can be concluded that a reciprocation between web browser and AT is required to support ARIA. More over, the ARIA still need more semantical improvement and addition to optimize its performance.
Keyword: AJAX, accessibility, people with disabilities, accessible rich internet

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Implementasi dan Analisis untuk Meningkatkan Accessibility pada Aplikasi Web Berbasis AJAX
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Shadri Hidayat Nursanto
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini