Analisis Performansi TCP Fast, TCP Highspeed dan TCP Hamilton Pada Jaringan Wireless LAN

Nurhayati Khasanah

Informasi Dasar

113030098
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Peningkatan perkembangan jaringan wireless dalam beberapa waktu terakhir mengindikasikan bahwa teknologi wireless akan memainkan peranan yang penting dalam jaringan Internet di masa depan. Teknologi TCP yang dimanfaatkan dalam pembangunan Internet mempunyai elemen jaringan yang penting yaitu kontrol kongesti. Kontrol kongesti berpengaruh terhadap performansi aliran TCP tidak hanya pada wired tetapi juga wireless sebagai infrastruktur internet. TCP yang semula dibangun untuk jaringan wired dengan tingkat error yang rendah saat ini diterapkan untuk jaringan wireless dengan tingkat error tinggi dan kondisi ini dapat menyebabkan tingkat packet loss yang tinggi.
Dalam Tugas Akhir ini dianalisis beberapa algoritma yang ada untuk menangani kongesti yaitu TCP Fast, TCP Hamilton dan TCP Highspeed yang akan diterapkan pada jaringan wireless. TCP Fast menggunakan menggunakan antrian delay sebagai pengukuran terjadinya kongesti. Sedangkan TCP Hamilton dan TCP Highspeed menggunakan loss probability untuk mengindikasi terjadinya kongesti di jaringan kemudian mengurangi ukuran window. Dan dari ketiga algoritma TCP tersebut akan dianalisis dan dibandingkan performansinya menggunakan parameter throughput, delay, jitter dan packet loss dengan simulasi menggunakan ns-2.
Kata Kunci : TCP Fast, TCP Hamilton, TCP Highspeed, kontrol kongesti, wirelessABSTRACT: Increasing of wireless networks in recent time indicate that wireless technology will perform important role within Internet in the future. TCP’s technology that used to build Intenet has important network element such congestion control. Congestion control influences performance of TCP flow not only in wired technology but also in wireless too as infrastructure of Internet. TCP that firstly build for wired networks which low error rates nowdays has implemented for wireless networks which higher error rates where this condition can perform higher packet losses.
In this final duty will made analysis several algorithm for handling congestion control that is Fast TCP, Hamilton TCP and Highspeed TCP and those algorithm would performed in wireless network. Fast TCP use queueing delay as measure of congestion occured. Whereas Hamilton TCP and Highspeed TCP uses loss probability to indicate congestion withi networks then they will reduce it’s window. And from those three of TCP algorithm would analyzed and compared performance uses such parameter as throughput, delay, jitter and packet loss with simulation based on ns-2.
Keyword: Fast TCP, Hamilton TCP, Highspeed TCP, congestion control,

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Analisis Performansi TCP Fast, TCP Highspeed dan TCP Hamilton Pada Jaringan Wireless LAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nurhayati Khasanah
Perorangan
Tri Brotoharsono, Niken Dwi Wahyu Cahyani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini