Kompresi di SMS dengan Menggunakan Metode Kompresi Berbasis Kamus dan Huffman Codes

Dina Diana Tambunan

Informasi Dasar

113030090
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: SMS (Short Message Service) adalah salah satu aplikasi pada mobile phone yang masih diminati hingga kini. Biaya yang dikenakan, dihitung dengan satuan unit pulsa. Sering sekali saat menuliskan pesan, pesan yang telah dituliskan melebihi 1 (satu) unit pulsa. Sedangkan keinginan user adalah mengirimkan jumlah SMS yang lebih, namun unit pulsa yang dibebankan lebih murah. Untuk itu aplikasi kompresi SMS diharapkan memiliki rasio kompresi yang tinggi, dengan tujuan meminimalkan pemakaian pulsa, waktu yang singkat, dan mampu diimplementasikan pada mobile device yang memiliki sumberdaya terbatas. Tugas akhir ini menggunakan metoda kompresi berbasis kamus dan dynamic huffman code sebagai algoritma kompresinya.
Kamus dibangun dengan menggunakan record Store pada J2ME. Isi kamus merupakan hasil pengumpulan data dari pengguna aplikasi SMS dan diperoleh hasil 781 kata yang akan dikodekan ke dalam 781 kode. Besar kamus yang dibangun, sebesar 9024 Bytes yang terdiri dari 27 record, 26 record utuk huruf, dan 1 record untuk simbol lainnya. Aplikasi ini memiliki besar 122Kbyte. Penyimpanan kata pada record dilakukan dengan cara yang berbeda dengan biasanya, untuk meminimalkan jumlah memory yang terpakai.
Rasio kompresi yang dihasilkan adalah 09.40 %, performansi ini masih dapat ditingkatkan jika database pada kamus ditambah. Waktu kompresi pada umumnya lebih besar dibanding degan waktu dekompresi. RAM yang dibutuhkan saat aplikasi diproses adalah 2.85 Kbytes.
Metode kompresi dynamic huffman code tidak dapat diterapkan pada sistem, karena metode kompresi dynamic huffman lebih sesuai jika digunakan pada sistem real time.
Kata Kunci : Kompresi, SMS, berbasis kamus, dynamic huffman code, performansi, J2ME.ABSTRACT: SMS (Short Message Service) is an interested application of mobile phone until now. Its cost is counted in a cost unit called pulse. People usually use more than one pulse unit when they write a message. On the other hand, they want to send more message with lower pulse unit. For this reason, SMS-compression application is expected to have a high compression ratio intended to minimize pulse usage, short in time, and can be implemented in a limited-resource mobile device. This final project used a dictionary-based compression method as its compression algorithm.
The dictonary is build by using record Store in J2ME. Its contents are 781 words collected from SMS user, and then will be coded to 781 codes. Its size is 9024 Bytes consisted of 27 records, i.e 26 records for characters, and 1 record for other symbols. This application is 122 Kbytes. To minimize memory usage, the words storing to record is conducted with different way from the usual.
The compression ratio resulted is 09.40%, this performance can be increased if the database in dictionary is increased too. The compression time is bigger than decompression time in general. The RAM needed when the application is being processed is 2.85 Kbytes.
Compression method dynamic huffman codes can’t be implemented in system because it is suitably implemented in real time system.Keyword: Compression, SMS, dictionary-based, dynamic huffman code, performance, J2ME

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Kompresi di SMS dengan Menggunakan Metode Kompresi Berbasis Kamus dan Huffman Codes
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dina Diana Tambunan
Perorangan
Maman Abdurohman, Adiwijaya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini