PENERAPAN ALGORITMA HASH-BASED (STUDI KASUS : MARKET BASKET ANALYSIS)

DHADHANG SURYANTO

Informasi Dasar

113030077
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Asosiasi merupakan salah satu bidang dalam data mining yang digunakan untuk menganalisa data transaksi penjualan. Yang dihasilkan dari proses asosiasi adalah rule – rule asosiasi. Rule – rule asosiasi adalah suatu pola kecenderungan pembeli dalam berbelanja barang. Dengan pola pembelian barang inilah dapat dilakukan strategi – strategi pemasaran. Menetukan barang apa yang layak dijual dan bagaimana cara supaya proses penjualan lebih baik.
Permasalahan yang muncul ketika proses mining rule – rule asosiasi adalah besarnya data transaksi yang akan dianalisa, dan tidak memungkinkan dilakukan secara manual. Oleh karena itu dibutuhkan suatu teknik tertentu yang bisa melakukan proses mining rule – rule asosiasi secara cepat pada data yang cukup besar. Salah satu teknik yang bisa digunakan pada proses mining rule – rule asosiasi adalah menggunakan algoritma hash-based. Pada dasarnya algoritma hash-based ini merupakan pengembangan algoritma apriori yang sudah ada sebelumnya. Pengembangan dilakukan pada proses pembangkitan kandidat rule menggunakan tabel hash dan proses pruning pada data transaksi. Dengan menggunakan algoritma hash-based proses mining rule asosiasi menjadi lebih cepat dan efisien dalam penggunaan memori.
Kata Kunci : Kata kunci : rule – rule asosiasi, proses mining, tabel hash, data transaksi, pruning.ABSTRACT: Association is one of data mining technique for Market Basket Analysis. The output of association process is association rule. Association rule is a pattern how a costumer in buying some goods. Using association we can make some marketing strategy. Deciding what must be sale and how to increase the marketing.
The problem in association rule mining is the large of sales transaction database, and impossible to get the association rule manually. Has been needed a fast technique for mining association rule in large sale transaction database. One of technique in mining association rule is using hash-based algorithm. Hash-based algorithm is developing of apriori algorithm. Developing doing at how to generate candidate of association rule using hash table and pruning the size of sales transaction data. Using hash-based algorithm in mining association rule in sales transaction data can increase the speed and work in large database.
Keyword: Keywords: association rule, mining, hash table, sales transaction data, pruning.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

PENERAPAN ALGORITMA HASH-BASED (STUDI KASUS : MARKET BASKET ANALYSIS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHADHANG SURYANTO
Perorangan
Arie Ardiyanti Suryani, Shaufiah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini